Subang Kekeringan, Bupati Ruhimat Gelar Sholat Istisqo di Alun-alun, Dilaksanakan Serentak di 30 Kecamamatan

- 24 September 2023, 16:21 WIB
Penampakan Bupati Subang H. Ruhimat ketika melaksanakan sholat istisqo
Penampakan Bupati Subang H. Ruhimat ketika melaksanakan sholat istisqo /Dok. Subang.go.id/

BERITA SUBANG - Kekeringan yang melanda Kabupaten Subang membuat Pemerintah Daerah Kabupaten Subang bergerak untuk menggelar Shalat Istisqo.

Sholat Istisqo, yakni salat sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan ketika terjadi kemarau panjang serentak dilaksanakan oleh 30 kecamatan di Kabupaten Subang, Jumat, 22 September 2022 lalu.

Dilansir dari keterangan tertulis Pemda Subang, Bupati Subang, H. Ruhimat mengatakan keputusan melaksanakan sholat istisqo merupakan kesepakatan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang bersama jajaran para kiai dan ulama.

Hal ini menyikapi atas kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Subang.

"Alhamdulillah kemarin sore, di beberapa wilayah khususnya wilayah selatan telah turun hujan. Namun wilayah lainnya masih terjadi kekeringan," tuturnya.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk terus berdoa agar kekurangan air yang melanda di Kabupaten Subang, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun pertanian dan perkebunan segera diberikan rezeki sarana air.

"Sebagai manusia biasa kita tentu memiliki keterbatasan, oleh karena itu mari kita satukan niat kita untuk memohon ampunan ke hadirat Allah SWT agar semua bisa segera berakhir terutama musim kekeringan, yaitu dengan memohon hujan melalui shalat istisqa ini," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut bertindak sebagai khotib sholat Istisqo, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Subang, KH. Arif Rustandi Akbar yang menyampaikan bahwa sholat istisqo menjadi sarana bertaubat dan berserah diri atas ketentuan yang telah ditetapkan Allah SWT.

"Berharap dengan pelaksanaan ibadah sholat istisqo ini penuh dengan maghfiroh (ampunan) Allah SWT. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan yang terbaik untuk kita," ujar KH. Arif Rustandi Akbar.

Hadir dalam pelaksanaan sholat istisqo, Wakil Bupati Subang, H. Agus Masykur Rosyadi, Ketua DPRD Kabupaten Subang, H. Narca Sukanda, S.Sos., Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., para Asda dan Staf Ahli, jajaran Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah, dan para pegawai ASN lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x