Pemkab Bogor benahi wilayah hulu Waduk Cibeet

- 31 Agustus 2023, 23:47 WIB
Ilustrasi waduk
Ilustrasi waduk /pixabay/smudgeball

BERITA SUBANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, menggandeng berbagai pihak membenahi wilayah hulu Waduk Cibeet yakni Curug Cibeet dan Penangkaran Rusa di Kecamatan Tanjungsari.

"Pemkab Bogor bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk bersama-sama melindungi Curug Cibeet agar tetap menjadi ruang terbuka hijau, tapi tetap ada nilai manfaatnya," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin di Cibinong, Bogor, Kamis.

Menurutnya, pembangunan Waduk Cibeet ini merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN), sehingga perlu langkah-langkah antisipasi untuk menjaga dan mengamankan aset negara tersebut.

Burhan menyebutkan Pemkab Bogor juga sudah menandatangani kerja sama dengan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Juni 2021. Kerja sama tersebut untuk mengoptimalkan potensi wisata alam curug, karena ada 110 curug yang ada di lahan milik Perhutani.

"Pengamanan aset negara ini menjadi tanggung jawab kita bersama, termasuk dalam rangka mengoptimalkan aset negara tersebut," ucapnya.

Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membangun Waduk Cibeet bersamaan dengan pembangunan Waduk Cijurey.

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x