BUMD Selain Berorentasi Pada Profit, Juga Harus Mengedepankan Pelayanan Kepada Masyarakat

- 6 Juli 2023, 20:57 WIB
Sekda Subang H.Asep Nuroni menghadiri Rakor evaluasi BUMD Kabupaten Subang Semester I tahr I tahun 2023./Foto Istimewa
Sekda Subang H.Asep Nuroni menghadiri Rakor evaluasi BUMD Kabupaten Subang Semester I tahr I tahun 2023./Foto Istimewa /
 
 
BERITA SUBANG - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), selain berorentasi kepada profit, juga harus mengedepankan pelayanan kepada Masyarakat.
 
Hal tersebut disampaikan Plt. Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Hidayat pada saat menggelar Rakor Evaluasi BUMD Kabupaten Subang pada semester I tahun 2023.
 
Rakor tersebut dihadiri Sekda Subang H.Asep Nuroni,Bank Subang, Perumda Tirta Rangga Subang, PT. Subang Sejahtera, PT. SEA, PT. BPR-KU Subang dan RSUD Subang, bertempat di Harper Purwakarta, Rabu 5 Juli 2023.
 
H.Hidayat selanjutnya menyampaikan berdasarkan PP no. 54 tahun 2017 tentang BUMD, Pemerintah Daerah mempunyai fungsi pembinaan terhadap kepengurusan BUMD.
 
Artinya BUMD mempunyai peran strategis untuk mengembangkan potensi daerah, baik dari pembangunan fisik, mental dan spiritual.
 
"saat ini Kabupaten Subang sedang mengembangkan kegiatan industri, pertanian dipertahankan dan pariwisata ditingkatkan. Jangan sampai BUMD hanya menjadi penonton,"ungkap H.Hidayat.
 
Selain berorientasi pada profit,menurut dia, harus tetap mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, terlebih RSUD berkaitan dengan hajat hidup utama bagi manusia, yaitu kesehatan.
 
H. Hidayat juga menyampaikan  kebanggaannya terhadap BUMD Kabupaten Subang yang telah meraih peningkatan profit dan memberi sumbangsih pada kenaikan PAD bagi Kabupaten Subang.
 
"Dengan berbagai usaha, alhamdulillah yang dahulu memprihatinkan, saat ini alhamdulillah sudah mencapai hal yang membanggakan, kita punya BPR terbesar di Jawa Barat (Bank Subang), kita punya BUMD PT SEA yang Strategis." Puji H. Hidayat.
 
Sementara itu Sekda Subang H.Asep Nuroni, mewakili Bupati Subang, mengucapkan terima kasih kepada seluruh BUMD Subang, atas kinerja selama ini dalam mendukung pembangunan daerah. 
 
Kang Asep menyebut,  sebagaimana tertuang pada Peraturan Pemerintah no 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), tujuan pendirian sebuah BUMD adalah untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah sesuai dengan potensinya.
 
Juga lanjut Kang Asep, menyelenggarakan dan memaksimalkan kemanfaatan umum berupa penyedia barang dan jasa yang bermutu bagi pemerataan hajat hidup masyarakat, serta memperoleh keuntungan.
 
Untuk itu BUMD ungkap Sekda Subang,  dituntut mampu merespon secara cepat dan tepat dalam menangkap peluang inovasi dan kompetensi sumber daya manusia sehingga roda bisnis dan fungsi pelayanan dapat berjalan baik. 
 
Tentu, dengan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dengan prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab, independen dan kewajaran dengan landasan peraturan perundang-undangan dan etika berusaha.
 
"Saya berharap rapat koordinasi ini, dapat membuat BUMD semakin baik dan perencanaan yang matang kedepannya."Pinta Kang Asep Nuroni.
 
"Mari kita ciptakan iklim bisnis yang sehat, bersama-sama membangkitkan perekonomian di Kabupaten Subang" Tutup Kang Asep Nuroni.***

Editor: Tommy MI Pardede


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x