Mengenal PT Samator Indo Gas Tbk, Perusahaan yang Mendapatkan Investasi $155 Juta dari CVC Capital Partners

- 1 Juli 2023, 18:45 WIB
Profil perusahaan PT Samator Indo Gas Tbk
Profil perusahaan PT Samator Indo Gas Tbk /Tangkap layar samatorgas.com/

BERITA SUBANG - PT Samator Indo Gas Tbk (sebelumnya PT Aneka Gas Industri Tbk) merupakan perusahaan gas industri dengan jaringan yang luas di Indonesia.

Perseroan yang dikendalikan oleh keluarga Harsono ini mengoperasikan 55 pabrik dan memiliki lebih dari 106 stasiun pengisian yang terletak di 28 provinsi di Indonesia.

Bisnis utama Perseroan adalah untuk memproduksi, memasarkan, dan menjual berbagai produk gas dan produk terkait untuk keperluan industri di Indonesia dalam bentuk gas cair maupun gas padat.

Selain itu, Perseroan juga memperdagangkan produk gas dari produsen lain kepada pelanggannya, terutama untuk produk-produk seperti gas khusus, gas langka dan banyak produk gas lainnya.

Perseroan juga menyediakan jasa konstruksi dan instalasi yang dibutuhkan untuk mendistribusikan produk gas tersebut, serta peralatan dan teknologi pendukung terkait lainnya.

Pada 15 Maret 2023, Samator Indo mengumumkan bahwa Matrix Company Limited telah membeli saham di Perseroan dari pemegang saham eksisting dengan nilai sekitar $155 juta.

Transaksi ini didanai oleh Funds CVC yang dikelola oleh CVC Capital Partners.

"Pasca transaksi, keluarga Harsono akan terus menjadi pemegang saham mayoritas dan mempertahankan pengendalian atas Perseroan," demikian tulis PT Samator Indo di pernyataan tertulisnya Maret lalu.

Sebagai informasi, CVC adalah manajer investasi alternatif global terkemuka dengan €137 miliar aset yang dikelola dan memiliki rekam jejak investasi cukup besar di Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x