Linda Megawati ; Banyak Hal Yang Harus Dilakukan Masyarakat, Jika Membeli Obat dan Makanan, Begini Caranya.

- 16 Juni 2023, 17:19 WIB
Anggota DPR-RI Linda Megawati menggelar Sosialisasi BPOM beserta Tokoh Masyarakat Subang.
Anggota DPR-RI Linda Megawati menggelar Sosialisasi BPOM beserta Tokoh Masyarakat Subang. /
 
 
 
BERITA SUBANG - Anggota DPR-RI Komisi IX dari Fraksi Partai Demokrat, Hj.Linda Megawati menyebut banyak hal yang harus diperhatikan Masyarakat ketika membeli obat dan makanan.
 
Itu disampaikan Legislator Wanita Cantik asal Subang, dari Daerah Pemilihan (Dapil) Subang Majalengka Sumedang (SMS) pada saat membuka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (IKE) bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jawa Barat, Jum'at 16 Juni 2023.
 

Sosialisasi tersebut diikuti ratusan warga dan Sekretaris DPC Partai Demokrat, juga jajaran pengurus,Partai Demokrat Subang, dan menghadirkan pemateri utama Plh Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandung, Dwi Kurniasari, S.Si., Apt. bertempat di Aula Cadika Subang, Jum'at 16 Juni 2023.

Hj Linda Megawati dalam pada kegiatan itu, mengimbau masyarakat agar lebih selektif dalam memilih obat maupun makanan. Dia meminta masyarakat agar mengecek izin produksi atau izin edarnya, hingga tanggal kadaluwarsanya, dan kepada warga masyarakat hendaknya  harus selektif dalam membeli makanan.

"Dilihat dahulu apakah ada PIRT-nya (izinnya) atau enggak, dan ada ijin produksinya atau enggak, jangan sampai ada formalin atau boraks. Begitu juga saat memilih obat, harus selektif, apalagi obat kan banyak jenisnya,” tuturnya.

Sementara itu, Plh Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) Bandung, Dwi Kurniasari, S.Si., Apt., mengatakan tugas instansinya sangat berat dan besar karena harus mengawasi peredaran obat serta makanan seluruh Indonesia, sehingga sangat dibutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam mengawasi peredaran obat dan makanan.

"Masyarakat juga harus mandiri dan harus mampu melindungi diri sendiri saat memilih obat, kosmetik maupun makanan, harus tahu cara memilih obat dan makanan yang aman,"ujarnya.

Dwi mengungkapkan, agar terhindar dari bahaya, maka masyarakat harus teliti memilih obat dan makanan, harus mau memeriksa keamanannya, seperti memeriksa kemasan, izin, aturan pakai, hingga batas pemakaiannya.

Silahkan dicek kemasannya, utuh atau rusak. Lalu baca cara penggunaan dan produksinya, periksa izin edar dari BPOM-nya, ada atau enggak, periksa tanggal kadaluwarsanya dan baca aturan pakainya, hususnya obat-obatan karena banyak jenisnya. 

Misalnya, kalau di kemasannya warna hijau berarti termasuk obat bebas, yakni bebas dijual di apotek dan toko obat. Kalau warna biru berarti bebas tapi terbatas. Kemudian kalau warga ingin memeriksa ijin edar suatu obat atau makanan, bisa dicek di aplikasi Cek BPOM.***

Editor: Tommy MI Pardede


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x