Menko Marves, Menhub, dan Gubernur Jawa Barat Melakukan Kunjungan Lapangan ke Pelabuhan Patimban, Subang

- 19 November 2021, 12:54 WIB
Wakil Bupati Subang Agus Masykur yang didampingi Kapolres Subang AKBP Sumarni,  menyambut kunjungan Menko Marves, Menhub Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Pelabuhan Patimban Kabupaten Subang pada hari Kamis, 18 November 2021.
Wakil Bupati Subang Agus Masykur yang didampingi Kapolres Subang AKBP Sumarni, menyambut kunjungan Menko Marves, Menhub Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Pelabuhan Patimban Kabupaten Subang pada hari Kamis, 18 November 2021. /Dok. Prokopim Setda Subang/

BERITA SUBANG - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, melakukan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Patimban Subang pada hari Kamis, 18 November 2021.

Kunjungan untuk melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka optimalisasi operasional Pelabuhan Patimban tersebut disambut Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi yang didampingi Kapolres Subang AKBP Sumarni, di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban.

Gubernur Jawa Jawa Barat Ridwan Kamil pada Rakor tersebut berharap pembangunan tol menuju pelabuhan Patimban dibarengi dengan pembangunan jalur kereta api. Selain itu, di kawasan Patimban ada sekolah tinggi atau politeknik maritim yang berbasis 4.0 sehingga warga Jawa Barat bisa sekolah kemaritiman dam mampu bersaing ketika kawasan Rebana maju.

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jabar telah mengusulkan lima pembangunan infastruktur, salah satunya pengembangan kawasan Cirebon, Patimban, dan Kertajati yang akan menjadi Kawasan Metropolitan Rebana. Kawasan Rebana tersebut meliputi daerah Subang, Sumedang, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Cirebon, dan Kota Cirebon.

"Akses tol dan jalur kereta api jadi bagian terpenting selain bandara Kertajati itu untuk mendukung visi kawasan ekonomi strategis Rebana yang akan menyediakan jutaan lapangan pekerjaan," ungkap Kang Emil.

Selain itu, dengan hadirnya Patimban akan menjadi simbol kebangkitan dan kejayaan ekonomi Jawa Barat khususnya dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bisa mencapai 7,6 persen di tahun 2030 dan pastinya Indonesia juga akan maju.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ketika melakukan kunjungan lapangan pelabuhan Patimban, mendukung pembangunan akses tol 37 km berdampingan pembangunan rel kereta api menuju pelabuhan. Tol dan jalur kereta akan mengurangi biaya dan proses menuju pelabuhan.

"Kawasan Rebana Patimban, Kertajadi dan Cirebon menjadi satu kesatuan proyek pembangunan yang dibuat yang menjadi besar sehingga para investor akan datang," tegas Luhut Binsar Panjaitan.

Selanjutnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mendukung perencanaan pembangunan tol menuju Patimban yang diharapkan selesai akhir 2024. Direncanakan juga bahwa Pelabuhan Patimban pada tanggal 17 Desember 2021 akan memulai ekspor ke beberapa negara.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x