Dedi Mulyadi Tegur Bupati Subang: Ada Petani Curug Agung Terdampak Limbah Tambang Pasir di Bunihayu Jalancagak

- 29 September 2021, 21:28 WIB
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi (KDM) inspeksi dugaan lokasi sumber limbah tambang pasir yang cemari air pertanian di Jalancagak Subang.
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi (KDM) inspeksi dugaan lokasi sumber limbah tambang pasir yang cemari air pertanian di Jalancagak Subang. /Dok. YouTube Kang Dedi Mulyadi/

 

BERITA SUBANG - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menegur Bupati Subang agar menertibkan lokasi penambangan yang berdampak kerusakan lingkungan.

"Mohon pada Pak Bupati Subang, Satpol PP, camat dan kepala desanya coba dicek apakah benar gak, itu ada penambangan di Bunihayu yang menimbulkan pendangkalan sungai yang sangat merugikan para petani di sini," ucap Dedi Mulyadi.

Hal itu dikatakannya dalam video yang tayang pada Rabu 29 September 2021 di kanal YouTube Kang Dedi Mulyadi (KDM).

Mantan Bupati Purwakarta itu sebelumnya menerima pengaduan yang disampaikan petani dan warga di sekitar lokasi Sungai Curug Agung di sekitar Batu Kapur Kecamatan Sagalaherang.

Disebuah saung tengah sawah KDM menyambangi petani yang sedang mengayunkan cangkul sedang mengolah tanah sawah miliknya.

Petani yang terlihat sepuh itu mengeluhkan air pertanian yang keruh bercampur pasir. Sawah pun akhirnya terpapar limbah pasir.

"Di dieu mah caina kiruh pamiceunan keusik ti Bunihayu, pan aya tugaran pasir (di sini air keruh karena limbah pasir dari hulu sungai di Bunihayu, kan ada tambang pasir di buang ke sungai), ungkap Pak Tani. 

"Itu sungainya, irigasinya banyak pasirnya," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x