Destana Ciater Dorong Relawan RW Tangguh Palasari Miliki Kecakapan Mitigasi Bencana

- 1 Juni 2021, 16:33 WIB
Destana Ciater dorong pembentukan Kelompok Relawan RW Tangguh kebencanaan sebagai embrio pembentukan Destana Palasari di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.
Destana Ciater dorong pembentukan Kelompok Relawan RW Tangguh kebencanaan sebagai embrio pembentukan Destana Palasari di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. /dok. Pusdatin Destana Ciater/

BERITA SUBANG - Kelompok Kerja Desa Tangguh Bencana (Desatana) mendorong pembentukan program Keluaga Tangguh Bencana (Katana) yang mulai digaungkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Fasilitator dan Tim Pokja Destana Ciater - Subang, Jawa Barat mengimplementasikan program kesiagaan mitigasi tersebut hingga pada teritorial terkecil di ruang lingkup desa melalui Lembaga Kemasyarakat Desa tingkat RW (Rukun Warga) yang disebut RW Tangguh.

Seperti yang dilakukan Destana Ciater kepada masyarakat di perbatasan Desa Ciater dengan Desa Palasari, tepatnya kepada warga RW 05 Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang pada Minggu (30 Mei 2021).

Fasilitator Destana Ciater, Johanes Ogenk BW menyampaikan pentingnya sistem ketangguhan yang harus dibangun terkait mitigasi bencana sehingga masyarakat memiliki pengetahuan dalam penanggulangan bencana menantisipasi dan menangani potensi kebencanaan terjadi di wilayahnya.

Baca Juga: Program Mitigasi Bencana di Subang, BNPB Dorong Destana Ciater Tumbuhkan Katana

"Pada kesempatan diskusi tersebut, kami memberikan pemahaman dan gambaran tentang mitigasi kebencanaan kepada warga RW 05 Desa Palasari, dan akan ditindak-lanjuti dengan pembentukan kelompok relawan RW Tangguh yang segera dibentuk pada bulan ini," ungkap Ogenk BW saat dihubungi beritasubang.pikiran-rakyat.com pada Selasa 1 Juni 2021.

"Konsep ini nantinya akan menjadi embrio bagi RW lainnya hingga mendorong terbentuknya Destana Palasari," imbuh Ogenk BW.***

 

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x