Kamenag Subang Ajak Masyarakat Muslim Salat Gerhana

- 25 Mei 2021, 22:47 WIB
Panduan Salat Gerhana saat Pandemi Covid-19.
Panduan Salat Gerhana saat Pandemi Covid-19. /Kemenag RI/

BERITA SUBANG - Gerhana Bulan atau Khusuful Qamar yang jatuh pada Rabu, 26 Mei 2021 diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat mulai Pukul 18:09 WIB.

Puncak Gerhana Bulan di Subang terjadi pada Pukul 18.18 WIB hingga berakhir Pukul 20:51 WIB.

Oleh karena itu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Subang H. Agus Sutisna mengajak masyarakat muslim Subang melakukan ibadah sunah seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW yakni melakukan salat gerhana (Salat Kusuf)

Diriwayatkan bahwa dalam Salat Kusuf, Rasulullah SAW diperlihatkan oleh Allah keindahan surga dan kenikmatan bagi para penghuninya.

Sebaliknya diperlihatkan kepada Nabi, kepedihan yang ditimpakan kepada para ahli neraka yang harus menanggung azab di neraka.

 

Karena itu, dalam salah satu khutbahnya usai salat gerhana/Salat Kusuf, beliau bersabda, "Wahai umat Muhammad, demi Allah, jika kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis." (H.R. Muttafaq alaih).

Kamenag Subang mengingatkan masyarakat medirikan salat gerhana dengan tetap memperhatikan dan mematuhi ketentuan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah demi kenyamanan beribadah.

Selain melaksanakan salat gerhana, Kamenag Subang H. Agus Sutisna menganjurkan umat muslim memperbanyak amal kabaikan seperti sedekah, banyak melafalkan doa dan bacaan dzikir dan istighfar. 

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x