Atasi Masalah Sampah, Bupati Subang Gelar Rapat Bersama Forkopimda

- 17 Maret 2021, 14:18 WIB
Kondisi Sungai Cileuleuy Subang dipenuhi sampah diduga dari TPA Panembong
Kondisi Sungai Cileuleuy Subang dipenuhi sampah diduga dari TPA Panembong //Foto Facebook Deny Herlambang//

BERITA SUBANG - Dalam rangka rapat koordinasi terkait penanggulangan sampah yang semakin memprihatinkan di Kabupaten Subang, Bupati Subang Ruhimat ajak Forkopimda bahas soal tersebut di rumah dinas Bupati Subang, Senin Sore 15 Maret 2021.

Selaku moderator, Pj. Sekda Subang, Asep Nuroni menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Subang telah menyiapkan langkah-langkah jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dalam penanggulangan permasalahan sampah yang sudah sangat memprihatinkan dan masuk dalam kategori darurat.

"Sampah yang masuk ke TPA Panembong setiap harinya sudah mencapai 120 ton hingga 150 ton," ujar Asep.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Pengadilan Negeri Subang, Agus Hamzah,SH.,MH., juga menyampaikan hal serupa bahwa menyinggung persoalan sampah di Kabupaten Subang masuk dalam kategori kejadian luar biasa.

Selain harus menyiapkan langkah-langkah penanggulangan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, juga harus dipikirin terkait sistem pengolahan sampah agar sampah tersebut bisa menjadi barang yang bermanfaat setelah dilakukan pengolahan, bisa dibuat menjadi pupuk ataupun barang lainnya agar sampah tidak terus bertumpuk, tutur Agus.

Sementara Bupati Subang Kang Jimat meminta dukungan dan pandangannya dari Forkopimda Kabupaten Subang terkait akan segera dibukanya TPA Jalupang yang luasnya mencapai 14,4 hektar agar dapat menyelesaikan kedaruratan sampah yang terjadi di Kabupaten Subang ini.

Diharapkan Kang Jimat terjalin komitmen dan kesepahaman semua pihak dalam penanggulangan permasalahan sampah di Kabupaten Subang.

Ditekankan kepada dinas terkait agar secepatnya merealisasikan apa yang sudah ditargetkan, harap Kang Jimat.

Demi segera teratasinya permasalahan sampah tersebut Forkopimda Kabupaten Subang siap berkomitmen dalam hal pemindahan TPA Panembong ke TPA Jalupang.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Subang, Ketua PN Subang, Kapolres Subang, dan unsur Forkopimda Kabupaten Subang lainnya.

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x