TERUNGKAP! Banjir dan Longsor di Subang Akibat Pendangkalan Sungai, Kurangnya Resapan Air, Lalu Apa Solusinya?

- 13 Februari 2021, 08:28 WIB
Seorang warga meratap rumah terendam banjir di Desa Kamarung, Subang.
Seorang warga meratap rumah terendam banjir di Desa Kamarung, Subang. /Foto: beritasubang.pikiran-rakyat.com/Yudi Permana/

BERITA SUBANG - Kerugian bencana banjir di Subang, Jawa Barat, tidak hanya material, tetapi juga menelan korban jiwa, yakni lima orang. 

Menurut pendataan dari Pemda Kabupaten Subang yang dilakukan sejak Minggu, 7 Februari 2021 hingga Jumat Tanggal 12 Februari 2021, banjir di Subang mengakibatkan kerusakan 57 ruas jalan sepanjang 301,1 kilometer, selain juga merendam 21.574 rumah. 

Hal ini terungkap dalam rapat terbatas sejumlah perangkat daerah Kabupaten Subang yang dipimpin Wakil Bupati Agus Masykur Rosyadi. Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Rumah Dinas Wakil Bupati Subang, Jalan Tamansari 1 Subang, Jumat 12 Februari 2021.

Baca Juga: Giliran Wakil Bupati Kang Akur Gunakan Helikopter untuk Berikan Bantuan Korban Banjir di Subang

Menurut data Pemda, total kerugian akibat banjir di Subang sejauh ini tercatat mencapai Rp7,851 milyar. Ada 21 kecamatan, lima tewas, dan ratusan ribu mengungsi ketika kejadian.

Seiring dengan surutnya air, warga pun mulai kembali ke rumah masing-masing, meskipun masih ada 38.683 warga yang masih harus hidup di tempat pengungsian darurat.

Pendangkalan sungai, kurang resapan air

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mempimpin ratas terkait banjir di Subang pada Jumat, 12 Februari 2021/Foto: Prokompim Setda Subang
Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mempimpin ratas terkait banjir di Subang pada Jumat, 12 Februari 2021/Foto: Prokompim Setda Subang

Dalam ratas tersebut terungkap bencana tanah longsor dan banjir di Subang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pendangkalan dasar sungai, penyempitan aliran sungai, debit air tinggi karena intensitas hujan tinggi, sejumlah tanggul sungai yang sudah lama rusak, dan kurangnya kawasan resapan air. 

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Prokompim Setda Subang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah