Tanam Tembakau Dapat Angkat Kesejahteraan Petani Subang?

- 14 Desember 2020, 04:15 WIB
Bupati Subang H.Ruhimat saat menanam tembakau di Serangpanjang Subang
Bupati Subang H.Ruhimat saat menanam tembakau di Serangpanjang Subang /Prokompim Setda Subang

BERITA SUBANG - Bupati Subang, Haji Ruhimat, yang biasa dipanggil Kang Jimat, Kamis, 10 Desember 2020 lalu menghadiri penanaman perdana Tembakau jenis MT I di Bukit Nyomot Kecamatan Serangpanjang.

Seperti diberitakan Aksara Jabar, pada acara tersebut, Kang Jimat memberikan apresiasi kepada para petani tembakau yang sudah lebih dahulu merintis tanaman tembakau di tanjung siang.

Menurutnya, mengelola atau budidaya tembakau memiliki nilai jual yang lebih baik dibanding dengan pisau atau singkong.

Baca Juga: Masyarakat Telematika Indonesia Keluhkan Infrastruktur Digital Masih Dikenakan Banyak Retribusi

"Lahan jangan sampai di biarkan, saya berharap petani dapat sejahtera, tentunya dengan bertani komoditas komoditas yang memilki nilai ekonomis tinggi," kata Kang Jimat, seperti dikutip Aksara Jabar.

Ia mengimbau kepada para petani yang menggarap lahan, agar kewajiban tegakan untuk tidak di tinggalkan, dengan metode tumpang sari, dengan demikian prinsip pengelolaan hutan lestari dapat terwujud.

Pada acara tersebut, Bupati Subang juga meminta Dinas Pertanian bisa mengedukasi masyarakat, termasuk memberikan penjelasan kepada petani.

Ia berharap penyuluh dapat membantu petani mengelola lahan khusus tanaman tembakau, selain sebagai sarana penelitian dan pelatihan, juga dapat dimanfaatkan untuk nilai ekonomis.

"Menanam tembakau bukan soal meningkatkan PAD, akan tetapi kalau kesejahteran petani tembakau meningkat maka PAD juga meningkat," tambahnya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Aksara Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah