Gelontorkan Dana Besar, Intelijen China Susupi DPR Inggeris

- 14 Januari 2022, 08:38 WIB
Parlemen Inggris di Westminster Palace. / Alvesgaspar/ Wikimedia Commons
Parlemen Inggris di Westminster Palace. / Alvesgaspar/ Wikimedia Commons /

BERITA SUBANG - M15, Dinas Intelijen Rahasia Inggris Raya mengungkapkan seorang agen intelijen China yang berhasil menyusup ke Parlemen Inggris.

Sosok intelijen China itu diketahui adalah Christine Ching Kui Lee, seorang pengacara yang membuka kantor layanan hukum di London dan Birmingham.

Seperti dilansir BBC, MI5 mengeluarkan peringatan bahwa Christine merupakan agen intelijen China yang menjalin hubungan dengan Partai Komunis China (CPC), dan dengan seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Inggris.

Baca Juga: Profil dan Biodata Abdul Gafur Masud, Bupati Termuda Berharta Rp36,7 miliar

MI5 menyebut bahwa Christine memberikan dukungan dana besar kepada anggota Parlemen Inggris, yang diketahui bernama Barry Gardiner. Gardiner merupakan salah satu anggota Parlemen Inggris yang berasal dari Partai Buruh Inggris.


Gardiner disebut telah menerima lebih dari 420 ribu Poundsterling atau sekitar Rp8,2 miliar, selama lebih dari lima tahun.

Akan tetapi, selama mendapat gelontoran dana dari Christine, Gardiner selalu melaporkan kepada dinas keamanan terkait.

Sementara itu, terkait dana besar yang diberikan kepada Gardiner, Christine pernah menyatakan bahwa keterlibatannya dengan Parlemen adalah untuk mewakili warga keturunan Tionghoa yang berdomisili di Inggris.

Baca Juga: RDP Antara DPR vs ESDM Ricuh, Diduga Setingan Untuk Rintanggi Pembahasan Pencabutan IUP

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x