Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Wujudkan Ekosistem Rantai Pasok Global yang Tangguh

- 1 November 2021, 18:57 WIB
Presiden Jokowi menghadiri KTT G20 sesi II dengan topik perubahan iklim, energi dan lingkungan hidup, Roma, 31 Oktober 2021.
Presiden Jokowi menghadiri KTT G20 sesi II dengan topik perubahan iklim, energi dan lingkungan hidup, Roma, 31 Oktober 2021. /Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

BERITA SUBANG - Indonesia menilai pemulihan ekonomi global yang perlahan bangkit, masih sangat rapuh. Disrupsi ekosistem rantai pasok global dapat menghambat terwujudnya pemulihan yang kuat dan inklusif.

Bahkan, jika berkepanjangan, hal tersebut akan menjadi tantangan ekonomi baru, memicu kenaikan harga dan kelangkaan barang, menghambat produktivitas, dan memengaruhi kesejahteraan, di tengah ekosistem rantai pasok global.

Saat menyampaikan pandangannya pada KTT Rantai Pasok Global, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dampak disrupsi lebih terasa bagi negara berkembang. KTT tersebut digelar di sela-sela KTT G20 di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu, 31 Oktober 2021.

Baca Juga: Jokowi Usulkan Tiga Upaya Bersama Percepat Pencapaian SDGs

"Dampak disrupsi lebih terasa bagi negara berkembang. Pada masa pandemi, kita saksikan terbatasnya akses negara berkembang pada vaksin, alat kesehatan dan obat-obatan. Tugas kita semua adalah mewujudkan ekosistem rantai pasok global yang tangguh, diversified dan berkelanjutan, tidak hanya berdimensi ekonomi, namun juga pembangunan," ujar Presiden Jokowi.

Dalam kaitan tersebut, Jokowi menyampaikan beberapa pandangan terkait ekosistem rantai pasok global.

Untuk jangka pendek, ada dua hal menurutnya yang harus dipastikan, yaitu pertama reaktivasi konektivitas global, termasuk mobilitas pelaku usaha dan tenaga kerja.

"Kita perlu memastikan pengakuan dan keberterimaan vaksin secara universal, sesuai standar WHO, sekaligus memfasilitasi pemulihan perjalanan internasional yang non-diskriminatif," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Inginkan G20 Jadi Contoh Atasi Perubahan Iklim, Klaim Rehabilitasi 3 Juta Hektar Critical Land

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x