Artis Moon Knight Buka Suara Perihal Tidak Mendapat Bayaran Atas Karyanya yang Terdapat di Serial Disney Plus

- 15 Februari 2022, 17:10 WIB
Artis Declan Shalvey menyatakan dirinya tidak mendapat bayaran atas karyanya dalam menciptakan kostum Mr Knight untuk karakter Moon Knight di Disney Plus.
Artis Declan Shalvey menyatakan dirinya tidak mendapat bayaran atas karyanya dalam menciptakan kostum Mr Knight untuk karakter Moon Knight di Disney Plus. /Dok. Instagram @empiremagazine/

BERITA SUBANG - Sebelum pemutaran perdana Hawkeye di Disney Plus, iklan untuk pertunjukan tersebut bisa dibilang sangat berlebihan, tetapi sebagian besar tampak sangat familiar dengan karya seni yang diadaptasi langsung dari komik aslinya.

Kemudian, diketahui bahwa artis aslinya, David Aja, tidak dibayar untuk pemasaran yang menggunakan desainnya untuk mempromosikan serial tersebut. Moon Knight kemungkinan dapat menghadapi hal serupa, meskipun lebih kecil, dari penggemar.

David Aja pada saat itu berbicara blak-blakan tentang tidak dibayar menyebabkan beberapa penggemar mendorong untuk melakukan boikot terhadap Hawkeye sampai Marvel Studios dan Disney memberikan kompensasi yang tepat untuknya.

Sekarang, artis yang bertanggung jawab atas apa yang tidak diragukan lagi akan menjadi salah satu kostum paling populer untuk menghiasi karakter yang akan dihidupkan Marvel Cinematic Universe (MCU), yaitu berupa kostum ikonik Mr. Knight yang dikenakan oleh Marc Spector, juga belum dibayar.

Para penggemar sangat senang untuk melihat bahwa Marc Spector yang akan diperankan Oscar Isaac akan mengenakan pakaian Mr. Knight yang bisa dibilang favorit para penggemar dari komik, persona lain dari mantan tentara bayaran di Moon Knight.

Namun, bukan hanya penggemar yang senang dengan penampilan Mr. Knight, tetapi artis yang terutama bertanggung jawab untuk membantu menghidupkan desain dalam komik yaitu Declan Shalvey. Artis itu menggambarkan kegembiraannya saat melihat sesuatu yang dia ambil "dari otaknya" dan diadaptasi ke dunia nyata.

Ketika salah satu penggemar menyatakan bahwa Declan Shalvey harus dibayar untuk penggunaan pakaian dalam seri, dirinya hanya bisa berkata, "Itu akan menjadi menyenangkan!". Seorang penggemar menyatakan harapan bahwa Shalvey setidaknya akan muncul di kredit seri dan mendapatkan pembayaran, tetapi Shalvey hanya akan "mengharapkan yang pertama".

Kasus ini tidak sesederhana kasus David Aja, karena penampilan asli Mr. Knight dari Moon Knight tidak sepenuhnya berasal dari Declan Shalvey di Moon Knight edisi pertama tahun 2014, tetapi di Secret Avengers terbitan 19 tahun 2011 yang digambar oleh Michael Lark. Namun, melihat kedua desain pakaian secara berdampingan, mereka tampak sangat mirip.

Bagaimanapun, Declan Shalvey diberi kesempatan untuk sepenuhnya menampilkan desain ini dengan segala kemegahannya, tidak seperti Lark, yang terbatas pada satu edisi dan beberapa panel. Kedua seniman ini harus diberi kompensasi untuk desain yang tidak diragukan lagi akan dipasang di poster, pakaian, dibuat menjadi replika action figure yang mahal, dan banyak lagi.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah