KontraS, Walhi dkk Ungkap Lord Luhut di Balik Eksploitasi Emas di Intan Jaya Papua

- 25 Agustus 2021, 01:20 WIB
Thumbnail pada cover youtube Haris Azhar dalam diskusi bersma KontraS dan Walhi.
Thumbnail pada cover youtube Haris Azhar dalam diskusi bersma KontraS dan Walhi. /Foto: Tangkaplayar youtube Haris Azhar/

BERITA SUBANG - Sejumlah organisasi melaporkan dalam kajiannya bahwa di balik penguasaan eksploitasi emas di Blok Wabu, Intan Jaya, Papua diisi oleh sejumlah pejabat dan mantan Jenderal TNI, salah satunya disebut Lord Luhut, yang dimaksud adalah Luhut Binsar Panjaitan, saat ini selaku Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinvest).

Adapun kajian dari hasil penelitian itu terdiri dari Walhi Papua, Walhi Eksekutif Nasional, YLBHI, KontraS, JATAM, Greenpeace Indonesia, Trend Asia, Pusaka Bentala Rakyat, bersama #bersihkanIndonesia.

"Ada sejumlah nama-nama purnawirawan Jenderal TNI (AD) dan beberapa elit disetiap perusahaan ada Lord Luhut (Luhut Binsar Panjaitan), Hinsa Siburian, dan Paulus Prananto lalu ada beberapa purnawirawan Polisi, TNI," ucap Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti dikutip dari youtube Haris Azhar dengan judul Relasi Ekonomi Dibalik Operasi Militer Intan Jaya, Ada Lord Luhut, Selasa 24 Agustus 2021.

Baca Juga: Biodata Luhut Binsar Pandjaitan dan Sederet Jabatannya, Ini Ekspresinya Pas Ditanya Deddy Corbuzier di Podcast

Untuk diketahui pada thumbnail video YouTube di Haris Azhar itu ada foto Luhut sembari tertawa, kemudian foto Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti, selanjutnya tertulis;

BISNIS TAMBANG DIBALIK LORD LUHUT!
8,1 TON EMAS DI PAPUA JADI INCARAN?

Menurut Fatia dari Polisi juga ikut didalam pusaran tersebut, dan ada yang masih menjabat di posisi publik saat ini, dia juga menyampaikan selain Luhut, Hinsa dan Paulus ada lagi pejabat lainnya, seperti Muhammad Munir anggota penasehat Badan Intelijen Negara (BIN) ada di perusahaan di Mind ID.

Baca Juga: Viral Jokowi Dukung Ganjar dan Ahok Nyapres 2024, PDIP Panik, Cek Faktanya

"Di PT Antam ada Purn TNI Agus Surya Bakti, Komjen Pol Bambang Sunar Wibowo jadi di Antam itu di isi oleh purnawirawan jadi komisarisnya. Selain itu ada Letjen Purn Doni Munardo, dan Muh Munir (MIND ID)," tutur dia.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x