Desain Material You pada Sistem Operasi Android 12 akan Diimplementasikan di Google Play Store

- 9 Maret 2022, 18:38 WIB
Implementasi desain Material You pada sistem operasi terbaru Android 12 akan hadir di platform Google Play Store.
Implementasi desain Material You pada sistem operasi terbaru Android 12 akan hadir di platform Google Play Store. /Dok. material.io/

BERITA SUBANG - Material You merupakan bahasa desain terbaru dari sistem operasi Google baik untuk Android, Chrome OS, Wear OS, dan yang lainnya. Selama beberapa bulan terakhir, Google telah terlihat secara perlahan tapi pasti memperbarui banyak aplikasi populernya dengan elemen Material You.

Google Play Store menerima sebagian Material You yang didesain ulang pada bulan Oktober tahun 2021 lalu, menghadirkan bilah pencarian berbentuk pil, bilah navigasi bawah yang diperbarui, dan tema warna dinamis di Android 12.

Saat ini Google dilaporkan sedang menyiapkan perubahan desain ulang lain untuk Google Play Store yang akan segera menghadirkan tombol membulat khas Material You di seluruh aplikasi.

Disampaikan melalui 9to5Google dalam pembongkaran APK mereka, telah terlihat bukti desain ulang yang akan datang untuk Google Play Store. Desain ulang ini menghadirkan gaya tombol baru di seluruh aplikasi Gogole Play Store, menggantikan tombol persegi panjang saat ini dengan sudut membulat dengan tombol berbentuk pil yang sejalan dengan prinsip desain Material You.

Tombol persegi yang ada hingga Android 11 (kiri) akan mengalami perubahan desain dengan tombol yang lebih membulat (tengah dan kanan).
Tombol persegi yang ada hingga Android 11 (kiri) akan mengalami perubahan desain dengan tombol yang lebih membulat (tengah dan kanan).

Di tempat lain, tombol Terpasang (Installed), Pembaruan tersedia (Update available), dan filter Game di bawah bagian "Kelola aplikasi & perangkat" sekarang menggunakan tata letak persegi panjang alih-alih bentuk lonjong. Saat ini, tombol baru tampaknya belum mendukung tema warna dinamis ala Material You. Namun, gaya tombol Material You yang baru di Google Play Store belum diluncurkan ke seluruh pengguna.

Google Play Store telah mendapatkan beberapa fitur dan peningkatan baru selama beberapa bulan terakhir, termasuk tab Penawaran baru di bilah bawah, indikator pemasangan aplikasi ala iOS, kemampuan untuk menemukan dan memasang aplikasi Android TV dan Wear OS langsung dari smartphone, dan banyak lagi. Google Play Store juga telah mulai menampilkan versi OS Android minimum yang diperlukan dalam daftar aplikasi.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: 9to5Google


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x