Sistem Operasi Android 12L Resmi Dirilis untuk Perangkat Lipat, Tablet, serta Jajaran Smartphone Google Pixel

- 9 Maret 2022, 16:54 WIB
Android 12L yang merupakan sistem operasi terbaru dari Google untuk tablet, smartphone lipat, serta jajaran Pixel yang didukung resmi diluncurkan.
Android 12L yang merupakan sistem operasi terbaru dari Google untuk tablet, smartphone lipat, serta jajaran Pixel yang didukung resmi diluncurkan. /Dok. Google Blog/

BERITA SUBANG - Google sejauh ini belum merilis pembaruan kecil untuk Android selama bertahun-tahun dan lebih memfokuskan diri mereka pada pembaruan besar tahunan dan memperbaiki bug sepanjang tahun dalam pembaruan keamanan bulanan untuk seluruh perangkat.

Namun, Google dalam Berita Gadget Terkini akhirnya merilis sistem operasi Android 12L yang difokuskan pada peningkatan untuk perangkat lipat dan perangkat layar besar lainnya termasuk tablet.

Setelah berbulan-bulan menjalani pengujian beta, sistem operasi Android 12L kini diluncurkan ke smartphone Google Pixel mereka yang didukung.

Sistem operasi Android 12L memperkenalkan tata letak dua kolom dan pengoptimalan layar besar lainnya di seluruh sistem dan aplikasi inti, yang terpenting di panel pengaturan atau di pemberitahuan cepat.

Terdapat juga bilah tugas untuk perangkat berlayar besar yang memiliki fungsi serupa dengan bilah tugas di Chrome OS dan Windows atau dock di macOS. Pengguna dapat mengetuk aplikasi untuk membukana, atau menyeret ikon ke satu sisi layar untuk membukanya dalam mode layar terbagi.

Layout dua kolom yang telah dioptimasi untuk perangkat dengan layar lebar seperti tablet atau smartphone lipat unturk memudahkan multitasking.
Layout dua kolom yang telah dioptimasi untuk perangkat dengan layar lebar seperti tablet atau smartphone lipat unturk memudahkan multitasking.

Mode split-screen ini sendiri juga telah diperbarui dengan garis pemisah yang lebih menonjol, serupa dengan apa yang telah tersedia untuk saat ini antarmuka One UI dari Samsung dan antarmuka pihak ketiga lainnya.

Terdapat pula beberapa perubahan lainnya yang bermanfaat untuk melakukan multitasking seperti kotak surat untuk aplikasi khusus dalam orientasi potret di tablet dan gerakan baru untuk notifikasi.

Versi stabil dari Android 12L ini akhirnya datang setelah beberapa Pratinjau Pengembang dan rilis Beta, termasuk Beta pertama pada bulan Desember, Beta 2 pada bulan Januari, dan Beta 3 pada bulan Februari.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x