Tombol 'Hamburger' Berupa Tiga Garis Kemungkinan akan Hadir Kembali, Setidaknya pada Aplikasi Google Photos

- 4 Maret 2022, 16:12 WIB
Aplikasi Google Photos mungkin akan menghadirkan kembali tombol hamburger yang telah hilang untuk beberapa waktu sekarang di antarmuka.
Aplikasi Google Photos mungkin akan menghadirkan kembali tombol hamburger yang telah hilang untuk beberapa waktu sekarang di antarmuka. /Dok. Google Play Store/

BERITA SUBANG - Google sangat suka untuk mengubah antarmukanya sesering mungkin, itulah sebabnya Android 12 mengalami perubahan tampilan dengan Material You. Biasanya, filosofi desain yang serba baru berarti semua aplikasinya akan mengikuti, baik dengan tema dinamis atau bilah navigasi bawah.

Tidak sering kita melihat Google beralih kembali ke desain yang lebih lama, yang dapat menyebabkan pengguna berterima kasih ataupun mengeluh, tetapi dengan perubahan tak terduga pada Google Photos, perusahaan tampaknya menetapkan pola dengan tren saat ini.

Seperti yang terpantau oleh pengguna Twitter dengan akun @PrajjwalPorwal, Google Photos secara singkat mem-flash menu tiga baris yang biasa disebut tombol "hamburger" di aplikasi sebelum menghilang setelah restart. Ikon tersebut tidak melakukan apa pun saat diketuk, hanya menyala tanpa membuka menu tertentu atau melakukan tindakan lain.

Beberapa pengguna belum melihat ikon menu muncul di salah satu perangkat kami, jadi tanpa konteks lebih lanjut, tidak jelas apakah ini hanyalah merupakan bug sederhana atau sesuatu yang sedang diuji Google untuk diluncurkan ke pengguna pada akhirnya.

Kembali pada bulan Februari lalu, perusahaan memperbarui Google Messages untuk menampilkan ikon menu tiga baris baru, sesuatu yang sebelumnya tidak ditampilkan oleh aplikasi.

Secara umum, menu-menu ini telah dihapus dari aplikasi Android selama beberapa tahun terakhir, dengan layanan seperti Google Play Store menghapusnya untuk selamanya dan pengguna harus mengakses pengaturan melalui foto profil.

Aplikasi Google Photos sendiri telah benar-benar kehilangan ikon menu hamburgernya pada Mei 2020, setelah itu aplikasi tersebut secara resmi beralih ke navigasi berbasis bilah bawah yang ditujukan untuk memudahkan pengguna bernavigasi dengan satu tangan.

Google mungkin membuat ikon ini untuk kembali pada tahun 2022, meskipun itu pasti akan menjadi langkah yang tidak terduga. Namun, dengan Google Photos sekarang aplikasi kedua yang telah melihat tombol menu hamburger muncul kembali, apa pun saat ini menjadi mungkin.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x