Lenovo ThinkPad X13s Resmi Dirilis, Laptop Pertama dari Perusahaan yang Ditenagai Chipset Snapdragon 8cx Gen 3

- 3 Maret 2022, 18:47 WIB
Lenovo merilis laptop pertama mereka yang ditenagai Snapdragon bernama ThinkPad X13s dengan chipset Snapdragon 8cx Gen 3 dari Qualcomm.
Lenovo merilis laptop pertama mereka yang ditenagai Snapdragon bernama ThinkPad X13s dengan chipset Snapdragon 8cx Gen 3 dari Qualcomm. /Dok. Lenovo/

BERITA SUBANG - Selama pergelaran Mobile World Congress tahun ini (MWC 2022) di Barcelona, ​​​​Lenovo meluncurkan laptop pertama yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 8cx Gen 3 Qualcomm yang baru dengan nama ThinkPad X13s.

Menggunakan desain berpendingin pasif, Lenovo dalam Berita Gadget Terkini mengklaim bahwa ThinkPad X13s memiliki daya tahan baterai yang lama dengan pemutaran video hingga 28 jam, serta menawarkan banyak konektivitas nirkabel, termasuk dukungan untuk 5G mmWave, Wi-Fi 6E, dan semua ditempatkan dalam sasis magnesium 90 persen daur ulang.

Snapdragon 8cx Gen 3 dari Qualcomm sendiri menggunakan empat inti utama Arm Cortex-X1 yang berjalan pada kecepatan clock 3,0 GHz, empat inti hemat daya A78 yang lebih kecil yang berjalan pada kecepatan clock 2,4 GHz, dan juga termasuk grafis Adreno terbaru perusahaan.

Tantangan terbesar bagi Qualcomm dengan chipset Snapdragon 8cx Gen 3 dan proyek Windows on Arm adalah kompatibilitas aplikasi. Qualcomm telah bekerja sama dengan Microsoft dan vendor perangkat lunak untuk memungkinkan prosesor berbasis Arm-nya bekerja dengan aplikasi x86.

Peluncuran Windows 11 tahun lalu juga menambahkan kompatibilitas aplikasi x86-64 juga. Jadi hari ini bukan masalah apa yang akan bekerja pada laptop WoA dan lebih banyak tentang seberapa cepat aplikasi x86 akan berjalan.

Spesifikasi inti Snapdragon 8cx dari Qualcomm, chipset berfabrikasi 5nm dengan dukungan konektivitas 5G dan Wi-Fi 6E.
Spesifikasi inti Snapdragon 8cx dari Qualcomm, chipset berfabrikasi 5nm dengan dukungan konektivitas 5G dan Wi-Fi 6E.

Walaupun Lenovo merilis beberapa laptop pada acara MWC 2022, tapi ThinkPad X13s dari perusahaan adalah yang paling menarik perhatian, mengingat Lenovo adalah nama besar dan dihormati di pasar laptop produktivitas.

Kesediaan atau keengganan mereka untuk mengadopsi CPU atau SoC baru sering kali merupakan barometer yang baik dari minat para manufaktur laptop secara keseluruhan pada chipset baru.

Selain sebagai laptop berbasis konsumen pertama yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3, ThinkPad X13s memiliki beragam fitur untuk pengguna saat bepergian, baik yang berfokus pada produktivitas dan umur panjang, dengan bingkai setebal 0,53 inci.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x