Qualcomm Mengumumkan Modem 5G Snapdragon dengan M.2 untuk Memudahkan Peningkatan PC Generasi Selanjutnya

- 3 Maret 2022, 17:02 WIB
Modul Snapdragon X65 5G terbaru yang digabungkan dengan kartu M.2 untuk memudahkan konektivitas generasi selanjutnya.
Modul Snapdragon X65 5G terbaru yang digabungkan dengan kartu M.2 untuk memudahkan konektivitas generasi selanjutnya. /Dok. Qualcomm/

BERITA SUBANG - Qualcomm memiliki niat untuk menghadirkan konektivitas 5G di mana saja, baik pada perangkat komputasi pribadi maupun smartphone. Perusahaan telah meluncurkan solusi terbarunya untuk memberikan konektivitas ini pada lebih banyak PC di MWC 2022.

Qualcomm telah mengumumkan bahwa semua manufaktur yang ingin membuat kebutuhan laptop berkemampuan 5G baru adalah slot M.2 cadangan dalam desain prototipe mereka.

Ini karena perusahaan telah menemukan modul dengan faktor bentuk yang sesuai dengan modem Snapdragon X-series on-board. Dengan demikian, ini dapat memberikan konektivitas mandiri berkecepatan tinggi pada mesin di mana ia dipasang.

Modul-modul terbaru yang diumumkan Qualcomm dalam Berita Gadget Terkini dalam acara Mobile World Congress di Barcelona ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko kompromi desain dalam pengembangan dengan meminta tidak lebih dari slot M.2 yang kosong.

Ini karena langkah terbaru Qualcomm dalam apa yang disebut "adopsi 5G yang mudah" adalah menempatkan komponen yang diperlukan pada modul faktor bentuk konvensional ini.

Modul baru ini datang dengan modem yang dinamakan Snapdragon X65 dan Snapdragon X62, di mana modul ini dinyatakan memberikan hingga 10Gb dan 3GPP Release 16-compliant 5G pada perangkat tertentu.

Modul-modul baru ini dikembangkan dalam kemitraan Qualcomm dengan Foxconn dan Quectel Technologies, yang dinyakatakan oleh para perusahaan perangkat keras sebagai bentuk baru dari peningkatan tanpa kerumitan (atau seperti yang dikatakan Qualcomm, "turn-key") ke 5G di PC generasi berikutnya.

Namun, belum ada kejelasan dari presentasi mereka apakah baik Snapdragon X65 maupun Snapdragon X62 ini bisa dapat dipasang di perangkat yang sudah ada sebelumnya, atau hanya berlaku khusus untuk PC yang akan datang pada generasi selanjutnya.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Qualcomm


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x