Google Play Store Saat Ini Membuat Pengguna Sulit untuk Mengetahui Perubahan Baru pada Pembaruan Aplikasi

- 3 Maret 2022, 16:38 WIB
Google menghilangkan changelogs dan tanggal last updated pada aplikasi di Google Play Store dan menyulitkan pengguna untuk mengetahui apa yang baru di dalam aplikasi.
Google menghilangkan changelogs dan tanggal last updated pada aplikasi di Google Play Store dan menyulitkan pengguna untuk mengetahui apa yang baru di dalam aplikasi. /Dok. Google Play/

BERITA SUBANG - Google saat ini terlihat sedang terus bekerja untuk menyederhanakan platform Google Play Store mereka dan biasanya, perubahannya membantu memberikan pengalaman yang lebih baik. Namun, tidak semua tindakan terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Kembali pada bulan November tahun 2021 lalu, Google telah menghapus bagian "terakhir diperbarui" dari daftar aplikasi untuk beberapa pengguna, mencegah pengguna melihat apakah perangkat lunak tertentu masih aktif dalam pengembangan atau tidak.

Meskipun awalnya Google terlihat mundur dari upaya sebellumnya, perusahaan telah membawa kembali perubahan ini bersama dengan beberapa langkah yang bahkan dapat dibilang lebih drastis.

Beberapa laporan yang disampaikan oleh para pengguna di Reddit, mereka telah menemukan bahwa tanggal "terakhir diperbarui" sekali lagi menghilang di Google Play Store, membuat pengguna Android tidak mengetahui riwayat pengembangan layanan yang belum mereka instal di smartphone mereka.

Ini bisa dibilang merupakan langkah mundur yang signifikan bagi Google, yang tampaknya telah berhenti menguji perubahan ini setelah mendapatkan cibiran di platform media sosial sekitar musim gugur yang lalu.

Google tidak memberikan informasi mengenai pembaruan yang diberikan untuk aplikasi pihak pertama mereka.
Google tidak memberikan informasi mengenai pembaruan yang diberikan untuk aplikasi pihak pertama mereka.

Secara bersamaan, bagian "What's New" untuk setiap aplikasi, yang menunjukkan log perubahan yang disediakan oleh pengembang, juga hilang untuk beberapa pengguna, meninggalkan pesan "Tidak ada informasi" umum di tempatnya.

Sepertinya perubahan ini memiliki hubungan dan jika pengguna merasa kehilangan informasi tentang kapan aplikasi terakhir diperbarui, bagian What's New ini kemungkinan kosong. Hal ini mungkin dapat diterima untuk aplikasi pihak ketiga, namun Google bahkan tidak menyediakan informasi untuk aplikasi pihak pertama mereka.

Ada kemungkinan perubahan ini tidak disengaja di pihak Google, dengan beberapa berspekulasi bahwa bug dengan catatan tempel yang hilang bertanggung jawab atas tanggal "terakhir diperbarui" yang hilang. Namun, dengan tweak ini telah diuji sebelumnya, kemungkinan ini adalah bagian dari perubahan yang lebih luas di Play Store.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x