Qualcomm dan Unisoc Mengalami Peningkatan di Pangsa Pasar Chipset, MediaTek dan Exynos Mengalami Penurunan

- 26 Februari 2022, 17:31 WIB
Qualcomm masih berada di bawah MediaTek untuk pangsa pasar chipset di kuartal keempat tahun 2021 meskipun mengalami kenaikan.
Qualcomm masih berada di bawah MediaTek untuk pangsa pasar chipset di kuartal keempat tahun 2021 meskipun mengalami kenaikan. /Dok. Qualcomm/

BERITA SUBANG - Pasar chipset pada smartphone tumbuh sebesar 5 persen pada kuartal terakhir tahun 2021 dibandingkan dengan tahun 2020 sebelumnya.

Kekurangan komponen dan pasokan chipset secara global dan permintaan pasar yang berubah memiliki efek yang menarik pada berbagai vendor.

Dilaporkan melalui Counterpoint, MediaTek dalam Berita Gadget Terkini tetap bertengger di posisi puncak meskipun turun dari 37 persen menjadi 33 persen.

Para analis menjelaskan bahwa dengan vendor smartphone menimbun dengan unit tambahan sebagai tindakan pencegahan terhadap kekurangan chipset.

Pasokan terbukti cukup stabil dan mereka memiliki lebih dari yang mereka butuhkan, sehingga pengiriman lebih rendah di kuartal keempat.

Dimensity 9000 yang merupakan chipset terbaru dan tercanggih dari MediaTek dan permintaan yang lebih tinggi untuk smartphone 5G akan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Laporan pangsa pasar chipset smartphone di kuartal keempat tahun 2021 masih ditempati MediaTek di peringkat teratas.
Laporan pangsa pasar chipset smartphone di kuartal keempat tahun 2021 masih ditempati MediaTek di peringkat teratas.

Terdapat peringatan di mana TSMC menaikkan harga baru-baru ini dan dampaknya pada harga chipset sudah mulai terasa. Meski begitu, prakiraan mengatakan bahwa 2022 ini akan menjadi tahun yang baik bagi MediaTek.

Qualcomm memiliki kuartal yang kuat, tumbuh hingga 30 persen, naik sebesar 33 persen dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2020. meskipun tidak dapat memperoleh chipset sebanyak yang diinginkan dari pabrik mitranya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Counterpoint


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x