Google akan Menghilangkan Mode Penghemat Data atau 'Lite Mode' di Android pada Aplikasi Google Chrome

- 26 Februari 2022, 17:10 WIB
Fitur lite mode yang digunakan untuk menghemat data pada Google Chrome akan segera dinonaktfikan oleh perusahaan.
Fitur lite mode yang digunakan untuk menghemat data pada Google Chrome akan segera dinonaktfikan oleh perusahaan. /Dok. Google Play Store/

BERITA SUBANG - Google telah mengumumkan bahwa mereka akan segera menghapus fitur Google Chrome pada platform Android yang selama bertahun-tahun membantu orang mengurangi penggunaan data seluler mereka.

Dilaporkan melalui blog resmi perusahaan, fitur "lite mode" pada Google Chrome akan hilang dengan rilis Google Chrome versi M100 pada akhir Maret, di mana lite mode awalnya dikenal sebagai "data saver" ketika Google pertama kali memperkenalkannya di Android pada tahun 2014.

Pada masa itu, banyak pemilik smartphone menggunakan paket data berjenjang dan mempertaruhkan biaya tambahan jika mereka melebihi jatah bulanan mereka dan mengingat di beberapa wilayah kecepatan seluler terbatas, fitur lite mode membantu memuat halaman lebih cepat dengan mengompresinya. Pada tahun 2015, Google menambahkan opsi untuk memblokir gambar sepenuhnya untuk menggunakan lebih sedikit data.

Tetapi Google tidak lagi melihat banyak alasan untuk mempertahankan opsi tersebut. Paket data tak terbatas kini telah menjadi mainstream dan perusahaan mengklaim bahwa Google Chrome terus mengurangi penggunaan data dengan pengaturan default.

"Dalam beberapa tahun terakhir kami telah melihat penurunan biaya untuk data seluler di banyak negara, dan kami telah mengirimkan banyak peningkatan ke Chrome untuk lebih meminimalkan penggunaan data dan meningkatkan pemuatan halaman web," tulis perusahaan.

Hal ini akan secara tidak langsung akan berpengaruh kepada para pengembang dan juga pemilik situs untuk lebih mengoptimasikan halaman situs mereka untuk tidak membebankan pengguna dalam berselancar di dunia maya, khususnya melalui platform Google Chrome. 

"Meskipun lite mode akan ditiadakan, kami tetap berkomitmen untuk memastikan Chrome dapat memberikan pengalaman pemuatan halaman web yang cepat di seluler," tambah Google.

Google Chrome untuk Android dalam versi M100 akan dirilis secara stabil pada tanggal 29 Maret mendatang, menjadikan lite mode akan tetap tersedia hingga saatnya tiba.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x