Google Meluncurkan Pratinjau Pengembang Wear OS 3.2 untuk Smartwatch dengan Perubahan yang Kurang Signifikan

- 25 Februari 2022, 17:07 WIB
Wear OS generasi berikutnya sudah dekat, dengan Google perlahan-lahan mengembangkan sistem operasi Wear OS 3 melalui pratinjau pengembang.
Wear OS generasi berikutnya sudah dekat, dengan Google perlahan-lahan mengembangkan sistem operasi Wear OS 3 melalui pratinjau pengembang. /Dok. developer.android.com/

BERITA SUBANG - Wear OS memiliki masa lalu yang bergejolak dan meskipun menjadi yang pertama tiba di kancah smartwatch, Google tidak pernah mampu menangkap kejayaan Apple Watch. Ini semakin terbukti dengan fakta bahwa Google hanya merilis dua versi Wear OS sejak awal, sedangkan Apple saat ini menggunakan WatchOS 8, perangkat lunak smartwatch generasi kedelapan.

Namun, banyak hal berubah, atau setidaknya, Google ingin mengubahnya untuk akhirnya membalikkan keadaan. Wear OS 3 adalah upaya ambisius untuk mencoba mendorong beberapa penjualan dan wacana positif terhadap segmen perangkat Android yang dapat dikenakan, yang sama menariknya dengan segmen tablet Android dalam beberapa tahun terakhir.

Wear OS sendiri didasarkan pada basis kode sistem operasi Android 11 dan saat ini masih dalam pengembangan dengan rilis publik yang direncanakan untuk nanti.

Namun, Google telah merilis versi Wear OS 3 bersama-sama dengan Samsung Galaxy Watch4 yang diluncurkan pada Agustus tahun lalu. Namun, itulah satu-satunya smartwatch yang menjalankan Wear OS 3 dengan rilis luas yang sebenarnya direncanakan dengan peluncuran bertahap untuk smartwatch berbasis Snapdragon Wear 4100 tertentu. Meskipun hari itu belum tiba, Google baru saja merilis pratinjau pengembang baru untuk Wear OS 3.

Disampaikan melalui 9to5Google, perusahaan dalam Berita Gadget Terkini dilaporkan telah merilis gambar emulator yang memungkinkan pengembang untuk membandingkan Wear OS 3.2 dengan pratinjau pengembang terakhir yang diketahui yang keluar pada Desember 2021.

Intinya, tidak ada yang benar-benar berubah karena semua elemen inti dari antarmuka terlihat, terasa, dan berfungsi secara identik, dengan satu-satunya perbaikan penting yang dibuat secara umum untuk memoles sistem oeprasi saat beberapa mendekati rilis yang tak terelakkan.

9To5Google mencatat bahwa beberapa ikon aplikasi di laci aplikasi telah disegarkan untuk menyesuaikan dengan gaya dan tampilan Android 12 yang lebih bertema.

Ikon lainnya juga telah diperbarui dengan gaya yang sama tetapi mereka tidak secara eksplisit menjadi bagian dari rilis ini karena mereka telah melihat pembaruan selama beberapa minggu terakhir di antara pratinjau bulan Desember dan saat ini.

Android 12 memungkinkan pengguna untuk membuat tema smartphone secara ekstensif ke titik di mana ikon pada perangkat dapat dicocokkan dengan wallpaper, menghasilkan ikon yang menggunakan palet warna yang sama di seluruh layar beranda.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: 9to5Google


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x