Google Mulai Menggulirkan Dark Mode Hitam Pekat Terbaru Mereka yang Menguntungkan Layar AMOLED di Smartphone

- 25 Februari 2022, 16:54 WIB
Google memperkenalkan dark mode terbaru mereka dengan warna hitam pekat yang diimplementasikan di desktop, smartphone, hingga tablet.
Google memperkenalkan dark mode terbaru mereka dengan warna hitam pekat yang diimplementasikan di desktop, smartphone, hingga tablet. /Dok. Twitter @Google/

BERITA SUBANG - Pengguna mulai melihat dark mode gelap-gulita-hitam-pekat baru pada aplikasi Google, di mana dark mode sebelumnya berwarna abu-abu yang menyejukkan mata, tetapi Google beralih ke warna hitam asli, dengan kode  warna #000000, yang seharusnya benar-benar muncul di layar OLED dan AMOLED.

Google mengumumkan ketersediaan dark mode yang lebih luas awal bulan ini, tetapi sejauh ini, rilisnya lambat. Tampaknya hanya sedikit orang yang memilikinya, dan 9to5Google melaporkan bahwa beberapa pengguna telah menerima tema baru, namun kehilangannya setelah itu.

Google menyampaikan sedang melakuka pengujian dark mode baru pada Februari tahun lalu, dan kemudian mengumumkan bahwa tema gelap baru tersedia di desktop dan seluler dalam cuitan di akun Twitter resmi perusahaan awal bulan ini.

Tema baru tersebut telah muncul di beberapa laptop, namun masih menampilkan warna abu-abu gelap baik di aplikasi Google dan Google Search pada smartphone.

Kontras antara font abu-abu dan latar belakang hitam pekat membuat perubahan tampak lebih mencolok, tetapi mungkin beberapa pengguna lebih memilih warna latar abu-abu gelap yang tidak memiliki banyak kontras.

Adapun cara untuk mengubah pengaturan jika pengguna masih dalam mode terang dan ingin beralih apabila tersedia dengan cara berikut:

  1. Pilih ikon roda gigi di sudut kanan atas untuk membuka pengaturan cepat.
  2. Pilih dark mode.

Tampilan baru bisa menjadi keuntungan bagi mereka yang berpikir abu-abu gelap tidak cukup gelap, namun itu juga bisa menjadi bagi mereka yang ingin menghemat masa pakai baterai pada perangkat dengan layar OLED dan AMOLED, meskipun tidak jelas berapa banyak masa pakai baterai yang bisa dihemat atau apakah perbedaan visual yang mencolok bahkan sepadan dengan perubahannya.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x