Microsoft Sedang Melakukan Pengujian Watermark di Desktop untuk Perangkat Keras Tidak Dikenal pada Windows 11

- 23 Februari 2022, 18:30 WIB
Microsoft mungkin akan menyertakan pemberitahuan kepada pengguna apabila perangkat keras tidak didukung oleh sistem operasi Windows 11.
Microsoft mungkin akan menyertakan pemberitahuan kepada pengguna apabila perangkat keras tidak didukung oleh sistem operasi Windows 11. /Dok. Microsoft/

BERITA SUBANG - Microsoft saat ini dikabarkan sedang melakukan eksperiman dengan dua metode baru untuk memberikan peringatan kepada pengguna Windows 11 bahwa mereka telah menginstal sistem operasi pada perangkat keras yang tidak didukung.

Dalam uji coba terbaru di dalam sistem operasi Windows 11, watermark baru terpantau telah muncul di wallpaper desktop, di samping peringatan serupa di halaman arahan aplikasi pengaturan.

Jika versi pengujian berjalan pada perangkat keras yang tidak didukung, watermark pada desktop hanya menyatakan "persyaratan sistem tidak terpenuhi," dan muncul di samping nomor versi yang hanya ditampilkan pada versi evaluasi atau pra-rilis Windows.

Hal ini serupa tetapi kurang menonjol dengan watermark semi-transparan yang muncul di Windows jika pengguna belum mengaktifkan sistem operasi. Pengguna Twitter dengan nama Albacore pertama kali melihat peringatan pengaturan awal bulan ini.

Belum ada keterangan resmi apakah Microsoft bermaksud untuk mengaktifkan peringatan wallpaper desktop ini secara luas. Perusahaan mengungkapkan baru-baru ini bahwa mereka akan menguji tambahan baru untuk Windows 11 yang mungkin tidak akan hadir pada perilisan finalnya. Namun, peringatan baru ini adalah tanda bahwa Microsoft ingin mengubah tampilan Windows 11 pada perangkat keras yang tidak didukung.

Persyaratan perangkat keras minimum Microsoft untuk Windows 11 telah menjadi kontroversial, terutama karena sistem operasi hanya secara resmi mendukung Intel generasi ke-8 (Coffee Lake) atau Zen Plus, dan Zen 2 CPU dan lebih tinggi.

Langkah ini meninggalkan jutaan PC terbengkalai, tetapi ada cara mudah untuk melewati batasan itu dan menginstal Windows 11. Sekarang siapa pun yang telah menggunakan solusi itu mungkin mulai melihat peringatan ini di pembaruan Windows 11 di masa mendatang.

Microsoft telah menggunakan peringatan serupa untuk versi Windows yang tidak diaktifkan di masa lalu, dan membatasi fitur seperti mode gelap, pengaturan personalisasi, dan tema agar tidak dimodifikasi hingga sistem diaktifkan. Microsoft tampaknya tidak bereksperimen dengan batasan fitur apa pun, dan peringatannya sejauh ini hanya yang halus, bukan berupa pop-up atau bahkan notifikasi.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x