Intel Dikabarkan Sedang Melakukan Pendekatan Dengan Arsitek GPU Terkemuka dari Saingannya, AMD

- 23 Februari 2022, 16:05 WIB
Kemajuan AMD dengan GPU Radeon andalannya membuat Intel melirik arsitek yang ada di belakangnya.
Kemajuan AMD dengan GPU Radeon andalannya membuat Intel melirik arsitek yang ada di belakangnya. /Dok. AMD/

BERITA SUBANG - Intel telah mengumumkan bahwa perusahaan telah mengamankan layanan dari Rohit Verma, yang sebelumnya merupakan kepala arsitek untuk GPU Diskrit di AMD.

Rohit Verma ditempatkan menjadi Arsitek Produk Utama di Intel's Accelerated Computing Group. Ini adalah akuisisi profil tinggi untuk Intel mengingat dirinya adalah orang terkemuka di AMD.

Berita yang dilaporkan melalui Tom's Hardware ini datang saat Intel sedang bekerja keras untuk memberikan sentuhan akhir pada jajaran kartu grafis Arc Alchemist generasi pertama.

Rohit Verma sendiri belum akan memiliki input yang signifikan, tetapi dengan direncanakannya kartu Arc generasi kedua, ketiga dan keempat, ada kebutuhan untuk orang besar untuk menantang dominasi NVIDIA dan AMD di GPU dan pasar komputasi kinerja tinggi.

Ini sebenarnya bukan tugas pertama Rohit Verma di Intel, setelah sebelumnya ia bekerja sebagai kepala arsitek dari tahun 1999 hingga 2013. Ini terjadi bertepatan dengan banyak waktu CEO Pat Gelsinger di Intel dan mereka pasti sudah saling kenal. Kemungkinan besar Gelsinger sendiri terlibat dalam kembalinya Verma ke perusahaan.

Kabar tersebut hanyalah yang terbaru dari serangkaian langkah agresif Intel dalam beberapa waktu sekarang. Ini bukan hanya akuisisi staf, tetapi juga akuisisi perusahaan, investasi modal yang besar, dan keinginan untuk keluar dari pasar tradisional Intel.

Ada pembelian Tower Semiconductor yang baru saja diumumkan sebesar Rp77 triliun, investasi dalam kemampuan produksi, baik di AS maupun di luar negeri, rencana untuk membuka pengecorannya kepada pihak ketiga dan bahkan kemungkinan melisensikan arsitektur x86.

Intel benar-benar siap dan dengan Pat Gelsinger mengguncang segalanya, pasti akan ada akuisisi staf profil tinggi lebih lanjut di bulan-bulan mendatang yang bisa dibilang merupakan salah satu langkah pintar dari perusahaan.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Toms Hardware


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x