Microsoft Mengembalikan Fitur pada File Explorer yang Sebelumnya Menghilang di Sistem Operasi Windows 11

- 22 Februari 2022, 18:02 WIB
Windows 11 mengembalikan fitur berguna pada File Explorer yang sebenarnya tidak perlu dihilangkan sebelumnya.
Windows 11 mengembalikan fitur berguna pada File Explorer yang sebenarnya tidak perlu dihilangkan sebelumnya. /Dok. Microsoft/

BERITA SUBANG - Saat Microsoft sedang mengerjakan pembaruan besar pertama untuk Windows 11 dengan nama kode Sun Valley 2, sudah ada beberapa peningkatan pada File Explorer untuk pengguna Windows Insider yang telah terlihat pada saat ini.

Mulai Windows 11 Insider build 22557 dan yang lebih baru, yang memungkinkan untuk mendaftar ke fitur dalam pengujian yang belum siap untuk rilis final, pengguna dapat memiliki layanan cloud Microsoft bernama One Drive, terintegrasi ke kanan atas jendela, sehingga kini pengguna dapat melihat file mana yang disinkronkan dan sedang diunggah.

Bersamaan dengan ini, pratinjau folder melihat pengembalian, sehingga pengguna dapat melihat isi folder tanpa harus mengklik dua kali. Peninjau juga dapat menyematkan file ke jendela Explorer, serta folder seperti sebelumnya, membuat pengelolaan konten jauh lebih mudah dari sebelumnya.

Ini adalah salah satu contoh bahwa Microsoft yang mendengarkan umpan balik komunitas mereka, seperti seret dan lepas kembali ke bilah tugas, di samping folder ke menu Start. Tetapi fitur-fitur ke File Explorer ini bisa dibilang seharusnya tidak menghilang sejak awal dan akan menghindari komplain yang tidak perlu dari para pengguna.

Terkadang fitur kecil membuat perbedaan besar saat menggunakan PC setiap hari. Menyeret dan menjatuhkan (drag and drop) ke bilah tugas pada Windows 11 adalah contoh lain dari fitur yang ada di Windows 10, tidak ada dalam peluncuran Windows 11, dan dibawa kembali dalam pembaruan yang akan datang.

Apple telah memperkenalkan dan menghapus fitur untuk kemudian hari sebelumnya, tetapi bisa dibilang hanya ketika ada program beta publik untuk pembaruan perangkat lunak utama. Banyak fitur baru untuk aplikasi File dan iCloud di iOS 13 ditahan dan tidak terlihat dalam versi akhir 5 bulan setelah dirilis.

Pratinjau folder dan fungsi seret dan lepas bilah tugas adalah fitur yang tidak perlu dihapus sejak awal, di mana ini adalah fitur kecil yang membantu pengguna dalam alur kerja mereka, baik itu untuk pekerjaan sehari-hari bahkan dalam bermain game.

Namun di sisi lain dari build yang akan datang ini, melihat integrasi One Drive ke dalam jendela File Explorer, di samping file yang disematkan adalah fitur baru yang akan disambut oleh banyak pengguna. Fungsinya dapat membantu menyoroti file yang paling penting dan merupakan nilai plus untuk Microsoft bahwa mereka berfokus pada fitur yang lebih kecil dari aplikasi yang ada.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x