Pratayang Pengembang 1 Android 13 pada Google Pixel 6 Dikabarkan Dapat Menjalankan Sistem Operasi Windows 11

- 15 Februari 2022, 16:28 WIB
Google Pixel 6 dengan pratayang pengembang 1 Android 13 dapat menjalankan sistem operasi Windows 11 dan bahkan memainkan game klasik Doom.
Google Pixel 6 dengan pratayang pengembang 1 Android 13 dapat menjalankan sistem operasi Windows 11 dan bahkan memainkan game klasik Doom. /Dok. developer.android.com/

BERITA SUBANG - Google baru saja merilis Android 13 Developer Preview 1 (DP1) atau pratayang pengembang 1 untuk diuji oleh para pengembang di smartphone Google Pixel yang memenuhi syarat. Terlepas dari fitur seperti privasi yang ditingkatkan atau ikon aplikasi bertema, Android 13 memiliki satu trik unik, yaitu kemampuan untuk menjalankan mesin virtual berbasis kernel yang disebut KVM.

Anggota Senior XDA Danny Lin melalui cuitannya di Twitter dengan akun @kdrag0n dalam Berita Gadget Terkini memperlihatkan bahwa memang mungkin untuk menjalankan seluruh mesin virtual dengan kinerja yang hampir asli pada Google Pixel 6 yang menjalankan Android 13 DP1. Terlebih lagi, pengembang bahkan bisa menjalankan Windows 11 di ARM dan Doom di Google Pixel 6.

Dengan Android 13, Google memperluas fungsionalitas KVM di Linux ke sesuatu yang disebut protected KVM terlindungi atau pKVM yang memungkinkan kerahasiaan data bahkan jika sistem operasi dasar telah disusupi.

pKVM bekerja pada basis per-VM tetapi dengan kemampuan untuk mengekspos hak istimewa hypervisor Level 2 Pengecualian di bootloader dan firmware Google Tensor, dimungkinkan untuk menggunakan fungsionalitas KVM penuh untuk mesin virtual yang tidak dilindungi. Karena itulah Lin dapat mem-boot beberapa distro Linux dan menjalankannya dengan kecepatan mendekati asli.

Meskipun akses KVM saat ini di Android 13 memerlukan akses root, secara teori dimungkinkan untuk memiliki metode non-root dengan menerapkan layanan seperti crosvm, QEMU, atau Firecracker di VM Microdroid.

Sebagau catatan, Microdroid adalah versi sederhana dari citra sistem generik Android (GSI) yang memungkinkan aplikasi mengisolasi dan bahkan OS pada perangkat keras yang sama. Jadi secara teknis, pengguna dapat menggunakan satu salinan sistem operasi untuk bekerja dan satu lagi untuk hal-hal pribadi tanpa keduanya pernah berbicara satu sama lain dan tanpa kinerja yang dibatasi.

Lin bisa mendapatkan distro Linux seperti Ubuntu 21.10, Arch Linux ARM, Void Linux, dan Alpine Linux yang berjalan di Google Pixel 6. Segera, Windows 11 di ARM juga aktif dan berjalan dengan relatif mudah. Pengembang mencatat bahwa meskipun belum ada akselerasi GPU, CPU, I/O, dan memori tampaknya berfungsi dengan baik. Dengan menghubungkan VM smartphone ke komputer, pengembang juga dapat memainkan game klasik terkenal, Doom.

Dari menjalankan aplikasi Android di Windows 11 melalui Subsistem Windows untuk Android hingga menjalankan sistem operasi Windows 11 lengkap itu sendiri di Android, sepertinya kita telah sampai pematangan dan akan menarik untuk melihat apa yang bisa dilakukan oleh pengembang proyek lain saat Android 13 benar-benar rampung.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x