Google Dikabarkan Sedang Menyiapkan Fitur Hibernasi untuk Chromebook dalam Upaya Penghematan Daya

- 4 Februari 2022, 15:20 WIB
Chromebook akan mendapatkan fitur hibernate atau hibernasi yang tidak ada sejak awal diumumkan.
Chromebook akan mendapatkan fitur hibernate atau hibernasi yang tidak ada sejak awal diumumkan. /Dok. samsungmobilepress.com/

BERITA SUBANG - Pengguna Chromebook mungkin segera dapat melakukan hibernasi untuk perangkat mereka, fitur sebenarnya yang telah tersedia di perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows selama beberapa dekade ini.

Chrome OS sejauh ini terus mendapatkan fitur baru dengan hampir setiap pembaruan, tetapi masih kekurangan beberapa fitur utama dibandingkan dengan Windows dan macOS.

Misalnya, sistem operasi tidak memiliki tombol mulai ulang. Sebagai gantinya, pengguna harus mematikan perangkat mereka dan menyalakannya lagi saat mereka perlu memulai ulang.

Saat perangkat dimasukkan ke mode hibernasi, pekerjaan yang sedang dilakukan pengguna disimpan ke penyimpanan sebelum mesin nonaktif sepenuhnya. Saat berikutnya perangkat dihidupkan, pengguna dapat melanjutkan pekerjaan dari kegiatan terakhir yang ditinggalkan.

Menempatkan perangkat dalam mode hibernasi membantu menghemat baterai dibandingkan dengan status penangguhan lainnya seperti mode Sleep, yang menonaktifkan CPU tetapi tetap mengaktifkan RAM sehingga pengguna dapat melanjutkan pekerjaan dari bagian yang ditinggalkan saat perangkat dibangunkan.

Perangkat Chromebook saat ini tidak memiliki mode hibernasi, tetapi itu dapat segera berubah karena Google dilaporkan telah berupaya menghadirkan fitur tersebut ke Chrome OS.

Fitur yang dijuluki "Hiberman" (kependekan dari Hibernate Manager), telah dikembangkan sejak Oktober 2021, dilaporkan melalui 9to5Google. Google bahkan memiliki penjelasan tentang Chromium mengenai cara kerjanya.

Ini mengungkapkan beberapa detail yang cukup menarik, seperti bagaimana status hibernasi akan disimpan dan di mana data akan disimpan sambil mempertimbangkan papan perangkat Chrome OS yang berbeda.

Detail menarik dalam penjelasan Chromium adalah bahwa gambar hibernasi dapat dienkripsi dengan kunci dari otentikasi pengguna, seperti kata sandi pengguna dan Trusted Platform Module (TPM).

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: 9to5Google


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x