Menyembunyikan Ikon Microsoft Teams di Windows 11 Terbukti Menghemat Penggunaan RAM Selain Melegakan Taskbar

- 3 Februari 2022, 16:47 WIB
Pengguna dapat menonaktifkan aplikasi pra-install di Windows 11 apabila tidak digunakan untuk memberikan ruang serta menghemat RAM.
Pengguna dapat menonaktifkan aplikasi pra-install di Windows 11 apabila tidak digunakan untuk memberikan ruang serta menghemat RAM. /Dok. Blog Windows/

BERITA SUBANG - Banyak aplikasi yang terinstal di komputer pengguna memiliki pengaturan yang memberi tahu untuk diluncurkan saat pengguna pertama kali masuk untuk menyelamatkan dari kesulitan meluncurkan aplikasi yang paling sering digunakan.

Membiarkan pengaturan ini aktif juga dapat memungkinkan aplikasi untuk memeriksa pembaruan atau meluncurkan lebih cepat saat pengguna menggunakannya untuk pertama kali.

Perbedaan untuk beberapa aplikasi Microsoft yang sudah diinstal sebelumnya di Windows 10 dan Windows 11 adalah mereka menggunakan beberapa sumber daya ini secara default, baik pengguna benar-benar menggunakan aplikasi tersebut atau tidak.

Pengembang dan admin TI Michael Niehaus memperhatikan beberapa aplikasi ini dalam posting blog terbaru yang memeriksa penggunaan sumber daya widget Windows 11, Microsoft Teams, dan browser Microsoft Edge dalam instalasi baru Windows 11, di mana untuk Microsoft Edge juga ternyata berlaku untuk Windows 10.

Baik widget maupun Microsoft Teams menghasilkan sejumlah proses Microsoft Edge WebView2 agar berfungsi, di mana WebView2 adalah cara untuk menggunakan Microsoft Edge dan mesin renderingnya tanpa meluncurkan aplikasi atau menggunakan antarmuka penggunanya. Secara kolektif, proses ini menggunakan beberapa ratus MB memori untuk bekerja.

Proses terkait widget tidak bekerja kecuali pengguna benar-benar mengklik tombolnya, meskipun setelahnya tetap berada di latar belakang, bahkan jika pengguna tidak secara aktif melihat widget tersebut.

Sedangkan, Microsoft Teams memproses semua peluncuran secara otomatis, baik pengguna benar-benar menggunakan Microsoft Teams atau tidak. Menghapus instalan Microsoft Teams akan mencegah hal ini terjadi, tetapi Niehaus menunjukkan bahwa hanya dengan menghapus ikon Mcrosoft Teams dari taskbar Windows 11 di pengaturan Taskbar sudah cukup untuk mencegah proses WebView2 ini diluncurkan saat masuk.

Microsoft Edge sendiri menyertakan fitur yang disebut Startup Boost yang akan meluncurkan browser di latar belakang saat masuk untuk menghemat waktu saat pengguna meluncurkan jendela browser pertama.

Jika pengguna memanfaatkan Microsoft Edge sebagai browser default, pengaturan ini layak untuk dibiarkan karena itu juga hanya menggunakan beberapa ratus MB memori. Tetapi jika hanya menggunakan Edge sebagai pengunduh untuk browser lainnya, menonaktifkan Boost di pengaturan akan sedikit meringankan beban komputer.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x