Pembaruan Termutakhir Aplikasi Tap Tap pada Android 12 Membawa Implementasi Gestur Baru

- 30 Januari 2022, 14:18 WIB
Aplikasi Tap Tap mendapatkan pembaruan yang membawa gestur baru dengan mengetuk bagian belakang smartphone pada sistem operasi Android 12.
Aplikasi Tap Tap mendapatkan pembaruan yang membawa gestur baru dengan mengetuk bagian belakang smartphone pada sistem operasi Android 12. /Dok. XDA Developers/

BERITA SUBANG - Google menghadirkan fitur yang sangat menarik sekaigus berguna bernama 'Quick Tap' ke smartphone Google Pixel tertentu dengan pembaruan Android 12.

Setelah diaktifkan, fitur tersebut memungkinkan pengguna mengetuk dua kali di bagian belakang smartphone untuk dapat memicu Asisten Google, mengambil tangkapan layar, memutar atau menjeda media, atau membuka aplikasi pilihan sesuai pilihan.

Google awalnya mulai mengerjakan mekanisme gerakan ini dengan nama kode 'Columbus' pada awal-awal Pratinjau Pengembang Android 11, tetapi memutuskan untuk menundanya hingga Android 12.

Implementasi ulang sumber terbuka pihak ketiga dari fitur ini telah tersedia untuk beberapa waktu saat ini dalam bentuk aplikasi Tap Tap yang dikembagkan oleh salah satu pengembang di situs XDA Developer dengan akun Quinny899. Aplikasi ini sekarang dilaporkan telah mencapai versi stabil pertama, membawa antarmuka dan berbagai fitur baru, serta banyak perbaikan bug.

Menurut pengembang, kode gerakan ketuk dua kali pada sistem operasi Android 11 berada sepenuhnya di SystemUI, tetapi varian Android 12 hadir dengan arsitektur yang sama sekali baru. Logika deteksi ketukan telah dipindahkan ke modul Context Hub Runtime Environment (CHRE) baru, yang berjalan pada CPU berdaya rendah dari smartphone Google Pixel yang didukung, yang juga dikenal sebagai Nanoapp.

Karena nanoapps dibuat khusus untuk CPU dan firmware, porting mereka ke platform lain adalah tugas yang hampir mustahil. Untuk mengatasi situasi ini, aplikasi Tap Tap sekarang mendukung dua mode, pendekatan lama yang ditujukan untuk smartphone selain Google Pixel tempat deteksi berjalan di dalam aplikasi itu sendiri, dan metode asli melalui aplikasi nano berdaya rendah pada perangkat yang didukung secara resmi.

Pembaruan baru ini juga membuka kemampuan untuk menggunakan fitur 'Quick Tap to Snap' yang eksklusif untuk smartphone Google Pixel pada perangkat dengan sistem operasi Android 7.0 ke atas apa pun dengan akselerometer dan sensor giroskop, tetapi akses root wajib untuk port ini.

Selain itu, seluruh antarmuka aplikasi Tap Tap telah ditulis ulang dan membagi daftar panjang pengaturan menjadi halaman terpisah untuk navigasi yang mudah. Bahasa desain mengikuti desain Material You, sehingga aplikasi dapat menyesuaikan tampilannya secara sinkron dengan warna wallpaper pengguna.

Tap Tap ini sendiri masih dalam pengembangan dan dapat diunduh di sini apabila pengguna ingin mencoba fitur Quick Tap ini.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x