Penonaktifan Fitur Pinch to Zoom pada Aplikasi Google Messages Dilaporkan Sedang Dalam Pengujian

- 29 Januari 2022, 21:50 WIB
Pembaruan terkini aplikasi Google Messages membuat pengguna dapat menghindari pembesaran pesan yang tidak disengaja.
Pembaruan terkini aplikasi Google Messages membuat pengguna dapat menghindari pembesaran pesan yang tidak disengaja. /Dok. messages.google.com/

BERITA SUBANG - Google terlihat sedang menggencarkan serta terus memperbaiki aplikasi Google Messages mereka untuk mendorongnya untuk menjadi aplikasi perpesanan utama (SMS dan RCS) untuk banyak smartphone Android dan bukan hanya jajaran Google Pixel mereka.

Walaupun Google Messages saat ini relatif bagus, ada juga beberapa keanehan di dalamnya. Salah satunya melibatkan dukungan pinch-to-zoom, dan meskipun secara teknis itu adalah fitur aplikasi, tidak semua orang menyukai cara kerjanya. Untungnya, Google saat ini sedang menguji opsi untuk mematikannya.

Google Messages memungkinkan pengguna untuk membuat teks lebih besar dan lebih mudah dibaca hanya dengan 'mencubit' seperti yang dilakukan untuk memperbesar gambar. Bagi sebagian orang, itu bisa sangat membantu. Tetapi jika pengguna secara tidak sengaja memicunya, aplikasi tidak memberi tahu cara untuk mematikan fitur tersebut.

Google Messages beta terbaru menambahkan opsi untuk menonaktifkan opsi pinch-to-zoom ini di Pengaturan, setidaknya untuk beberapa perangkat. Opsi tersebut saat ini dalam tahap pengujian seperti yang disampaikan oleh situs 9to5Google dalam Google Messages versi beta ini.

Setelah diaktifkan (atau dinonaktifkan), aplikasi tidak akan lagi merespons tindakan mencubit untuk menyesuaikan ukuran teks. Menonaktifkan fitur tersebut juga akan mengunci ukuran font yang telah dipilih pengguna, jadi jika seseorang senang dengan pengaturan tertentu, ia dapat menyimpannya dengan cara itu.

Sementara fitur pinch-to-zoom di Google Messages dapat benar-benar membantu terutama bagi pengguna yang membutuhkan bantuan visual, untuk kebanyakan orang kemungkinan besar fitur tersebut diaktifkan secara tidak sengaja dan menjadi sesuatu yang dapat, dan sering kali, menyebabkan kebingungan.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x