Qualcomm Resmi Mengumumkan Chipset Snpadragon 8 Gen 1 dengan Performa CPU dan GPU yang Ditingkatkan

- 1 Desember 2021, 14:55 WIB
Qualcomm meluncurkan chipset unggulan terbaru mereka yang dinamakan Snapdragon 8 Gen 1.
Qualcomm meluncurkan chipset unggulan terbaru mereka yang dinamakan Snapdragon 8 Gen 1. /Dok. qualcomm.com/

BERITA SUBANG - Qualcomm secara resmi memperkenalkan chipset unggulan terbaru mereka yang dinamakan Snapdragon 8 Gen 1 pada Tech Summit 2021 yang dimulai hari ini, 30 November 2021.

Snpadragon 8 Gen 1 merupakan awal baru dari Qualcomm, di mana chipset ini kini selain menggunakan penamaan yang baru, juga menggunakan arsitektur ARMv9 terbaru, serta menjadi chipset berfabrikasi 4nm pertama.

Pada chipset ini, terdapat tiga klaster inti yang berbasis desain ARMv9 dengan inti utama Cortex-X2 yang berjalan pada kecepatan clock hingga 3,0Ghz, tiga inti menengah Cortex-A710 yang berjalan pada kecepatan clock 2,5GHz, dan empat inti hemat daya Cortex-A510 yang berjalan pada kecepatan clock 1,8GHz.

Secara teori dan di atas kertas, Snapdragon 8 Gen 1 akan memiliki kecepatan CPU lebih besar 20 persen dan lebih hemat daya hingga 30 persen dari chipset unggulan pendahulunya yaitu Snapdragon 888.

Spesifikasi inti dari chipset terbaru Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm.
Spesifikasi inti dari chipset terbaru Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm.

Daro segi grafik, GPU Adreno terbaru diklaim memiliki peningkatan performa hingga 30 persen dan juga lebih hemat daya hingga 25 persen. Ini dibantu dengan tiga fitur terbaru dari Snapdragon Elite Gaming yang membuat para pengembang dapat berkreasi terkait keseimbangan performa dan hemat daya.

Terdapat juga Adreno Frame Motion Engine yang dapat membuat GPU untuk menggandakan render frame rate dari sebuah game dua kali lipat dengan daya yang sama, atau membuat frame rate stabil dengan mengonsumsi daya dua kali lipat lebih rendah.

Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 1 yang dikhususkan untuk bermain game bernama Snapdragon Elite Gaming.
Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 1 yang dikhususkan untuk bermain game bernama Snapdragon Elite Gaming.

Terdapat modem X65 terbaru yang membuat chipset Snapdragon 8 Gen 1 dapat mendukung konektivitas 5G pada tingkat sub-6 maupun mmWave yang secarateori dapat memiliki kecepatan puncak hingga 10Gbps.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Qualcomm


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x