BSSN Peringati 75 Tahun Perjuangan Persandian dengan Acara yang Bertajuk Kita dan Kisah yang Pernah Ada

- 27 Agustus 2021, 14:36 WIB
Kita dan Kisah yang Pernah Ada akan disiarkan secara langsung di kanal YouTube BSSN pada hari Jumat, 27 Agustus 2021.
Kita dan Kisah yang Pernah Ada akan disiarkan secara langsung di kanal YouTube BSSN pada hari Jumat, 27 Agustus 2021. /Dok. BSSN/

BERITA SUBANG - Bukan hanya dalam perjuangan secara fisik, Bangsa Indonesia juga mengalami tantangan dalam perlindungan rahasia negara dan untuk memperingati 75 tahun perjuangan kedaulatan NKRI dalam dunia persandian, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengadakan acara dengan tajuk "Kita & Kisah yang Pernah Ada".

Perjuangan persandian Bangsa Indonesia dimulai dari Roebiono Kertopati, yang merupakan perintis pengamanan komunikasi strategis perjuangan bangsa Indonesia dalam masa perang mempertahankan kemerdekaan dan kemudian dikenal sebagai 'Bapak Persandian indonesia'.

Roebiono Kertopati pada saat itu adalah seorang dokter di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan menanamkan doktrin "Berani Tidak Dikenal" kepada rekan-rekannya sesama pejuang perintis persandian Indonesia.

Roebiono Kertopati, Bapak Persandian Indonesia.
Roebiono Kertopati, Bapak Persandian Indonesia.

Semoboyan ini terus diturunkan kepada generasi berikutnya pejuang keamanan rahasia negara yang mengabdikan diri di bawah institusi pengamanan informasi dari Dinas Kode, Djawatan Sandi dan Lembaga Sandi Negara yang ia pimpin.

Roebiono Kertopati memiliki pendapat bahwa perjuangan untuk melindungi kerahasiaan negara adalah pengabdian yang harus dilakukan dengan keikhlasan dan tanpa perlu ada orang lain yang mengetahuinya, apalagi mengharapkan sanjungan dari publik.

Karena hal inilah yang terjadi menyebabkan kini tidak banyak rekaman sejarah perjuangan para pahlawan dari segi penjaga keamanan rahasia dan persandian di Indonesia yang seakan bangsa Indonesia tidak mengenali perjuangan tersebut.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa perjuangan kedaulatan NKRI dari segi persandian dan menjaga kerahasiaan negara merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari lini depan pertempuran dan perjuangan yang dilakukan melalui meja diplomasi.

Badan Siber dan Sandi Negara

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x