Badan Siber dan Sandi Negara Berikan Dukungan Pengamanan Siber dalam Penyelenggaraan Upacara HUT RI ke-76

- 18 Agustus 2021, 18:23 WIB
BSSN memberikan dukungan pengamanan siber dalam Upacara HUT RI ke-76.
BSSN memberikan dukungan pengamanan siber dalam Upacara HUT RI ke-76. /Dok. bssn.go.id/

BERITA SUBANG - Upacara HUT RI ke-76 pada tahun 2021 ini diselenggarakan di Istana Negara secara terbatas dan dihadiri secara fisik oleh para petugas dikarenakan saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Undangan lain pun mengikuti upacara secara virtual dan masyarakat dapat menghadirinya setelah mendaftarkan diri melalui situs pandang.istanapresiden.go.id untuk ikut merayakan Bangsa Indonesia yang kini genap berusia 76 tahun.

Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN melalui Biro Pengamanan Setmilpers bersama stakeholder yang terkait turut dilibatkan dalam mendukung pengamanan siber dalam rangka peringatan HUT RI ke-76 ini.

BSSN sendiri tergabung dalam satuan siber gabungan yang dibentuk dalam mengamankan jalannya peringatan HUT RI ke-76 ini yang diantaranya terdiri dari BSSN, BIN, BAIS TNI, Paspampres, dan Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Dukungan yang diberikan BSSN ini mencakup pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan, hingga pasca kegiatan dari Upacara HUT RI ke-76.

Sebelum kegiatan berlangsung, BSSN telah melakukan IT Security Assessment terhadap
aplikasi pendaftaran pelaksanaan HUT RI ke-76 pada situs pandang.istanapresiden.go.id yang bertujuan untuk memberikan saran dan rekomendasi terkait pengamanan yang perlu diperbaiki dan ditambahkan untuk meminimalisir celah kerawanan yang terdapat pada sistem informasi.

BSSN juga memberikan rekomendasi panduan keamanan dan petunjuk teknis dalam penggunan aplikasi yang digunakan dalam peringatan HUT RI ke-76.

Ketika pelaksanaan, sebanyak dua puluh personil Direktorat Operasi Keamanan Siber BSSN
diterjunkan untuk mengawal berjalannya peringatan HUT RI ke-76 yang diadakan secara virtual.

Personil-personil tersebut berperan dalam memonitor aktivitas peserta yang dapat mengganggu jalannya pelaksanaan upacara.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x