Wakil Bupati Subang Agus Masykur: Pancasila Bukan Hanya Untuk Dibaca dan Didengar, Tapi Harus Dipraktikkan

- 6 Juni 2023, 08:17 WIB
Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi memperingati Harlah Panca Sila Tahun 2023, bertempat di Halaman Setda Pemda Jalan Dewi Sartika Subang.
Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi memperingati Harlah Panca Sila Tahun 2023, bertempat di Halaman Setda Pemda Jalan Dewi Sartika Subang. /
 
BERITA SUBANG - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mengatakan Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, tapi dipraktikkan, dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai dasar negara Indonesia tersebut tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.
 
Hal tersebut, disampaikan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi pada saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, yang bertempat di halaman kantor Bupati Subang Senin, 5 Juni 2023.
 
Kang Akur, sapaan akrab Wabub Subang, menyampaikan Peringatan hari lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
 
Karena, lanjutnya, berkat pancasila nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.
 
Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. 
 
Perkembangan situasi global ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. 
 
Maka Dengan Nilai-nilai Pancasila, diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.
 
"Pancasila menjadi pondasi yang kuat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berubah sesuai kebutuhan zaman"ungkap Kang Akur.
 
"Bahwa setiap komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai-nilai Pancasila."tambahnya.
 
Sebagaimana yang dikatakan Bung Karno, ungkap Wabub Subang, bahwa nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan pada generasi selanjutnya.
 
"untuk itu, saya mengajak kepada seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh masyarakat kabupaten Subang untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju dan Subang Jawara (Jaya, Istimewa dan Sejahtera) yang kita cita-citakan"ungkap Wabub Subang Agus Masykur.
 
Menutup sambutannya, Kang Akur juga mengucapkan selamat Hari Lingkungan Hidup sedunia yang bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.
 
"Selamat hari lingkungan sedunia, mari kita bersama-sama menjaga alam ini dengan sebaik-baiknya"tutupnya.
 
***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x