Jimat - Akur Hadiri Pagelaran Ruwat Jagat, Pekan Kebudayaan Daerah Seba Rasa Ka Subang.

- 1 Juni 2023, 09:39 WIB
Bupati Subang H.Ruhimat didampingi Wabub Subang Agus Masykur dan Sekda Subang H.Asep Nuroni, foto bareng usai memberikan penghargaan kepada 7 orang seniman di Subang.
Bupati Subang H.Ruhimat didampingi Wabub Subang Agus Masykur dan Sekda Subang H.Asep Nuroni, foto bareng usai memberikan penghargaan kepada 7 orang seniman di Subang. /
 
 
BERITA SUBANG - Bupati Subang H. Ruhimat, Dan  Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, menghadiri Pagelaran Ruwat Jagat, Pekan Kebudayaan Seba Rasa Subang, bertempat di Lapang Bintang, Subang. Rabu, 31 Mei 2023.
 
Pagelaran Ruwat Jagat, merupakan malam puncak rangkaian kegiatan Pekan Budaya Daerah dalam rangka Milangkala ke-75 Kabupaten Subang.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si sebagai Ketua Panitia HUT ke 75 Kabupaten Subang, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Pagelaran Ruwat Jagat yang menjadi malam puncak Pekan Kebudayaan Daerah.
 
"Kegiatan ini mengambil tema 'Seba Rasa ka Subang' yang memiliki arti Menyerahkan diri untuk berbakti bagi kabupaten Subang,"ucap Sekda Subang.
 
Tujuan diadakannya Pekan Kebudayaan Daerah, menurut Asep Nuroni, untuk membuka potensi, mengedukasi dan menjadi hiburan bagi masyarakat Kabupaten Subang, dalam rangka HUT ke 75 Kabupaten Subang.
 
"Dengan gelar budaya insya Allah akan meningkatkan kecintaan kita kepada Potensi Budaya Kabupaten Subang, menjadi edukasi bagi warga Kabupaten Subang untuk meningkatkan animo terhadap budaya sendiri," ungkap Kang Asep sapaan buat H.Asep Nuroni.
 
Dalam kegiatan itupun dilaksanakan  penyerahan Anugrah Budaya yang diberikan kepada 11 orang seniman dan budayawan, yang dipilih oleh para kurator yang merupakan Dosen Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.
 
Bupati H.Ruhimat dan Wabub Subang Agus Masykur melakukan penyerahan Penghargaan kepada, Dr.Suhendi Afrianto,S.Kar.,M.M., Kepada Dr. Lili Suparli, M.Sn., dan Kepada Dr. Dinda Satya Upaja Budi, S.Kar.,M.Hum.
 
Selanjutnya, dilaksanakan Ruwat Jagat dan pembacaan serat Jawara oleh Agustias Amin dan serat Jawara tersebut diserahkan kepada Bupati Subang dan Wakil Bupati Subang.
 
Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Tatang Komara,S.Pd.,M.Si mewakili Bupati Subang menyampaikan bahwa kegiatan yang kini dilaksanakan, telah direncanakan sejak lama, namun terkendala akibat adanya covid19.
 
"Kita merencanakan ini sejak tahun 2020 sebelum covid. Harapan besar seperti keinginan Pak Bupati untuk menyuguhkan sesuatu yang besar untuk masyarakat Kabupaten Subang, baru tahun ini baru bisa dilaksanakan, mohon maaf apabila baru terwujud tahun ini."ungkap Tatang Komara.
 
Tatang juga menyatakan bahwa Pagelaran yang kini dilaksanakan, bukan hanya perhelatan pemerintah daerah, tetapi perhelatan masyarakat Kabupaten Subang.
 
"Saya ucapkan selamat kepada masyarakat Kabupaten Subang yang tengah merayakan ke-75 tahun Kabupaten Subang. Selamat menikmati pagelaran malam ini."ucapnya.
 
Tatang juga menyatakan bahwa kegiatan yang kini dilaksanakan bertujuan untuk menyatukan masyarakat Kabupaten Subang untuk bersama menuju Subang yang Jaya, Istimewa dan Sejahtera.
 
"Kegiatan ini untuk menjadi persatuan masyarakat Kabupaten Subang untuk Subang yang jawara."pungkasnya.***
 

Editor: Tommy MI Pardede


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x