Lomba Rampak Bedug Perebutkan Piala Bupati Cup dalam Rangka HUT Ke 75 Kabupaten Subang,

- 25 Mei 2023, 21:52 WIB
Kang Jimat mukul bedug bersama, dalam rangka perlombaan rampak bedug memperebutkan piala Bupati Cup /foto -istimewa
Kang Jimat mukul bedug bersama, dalam rangka perlombaan rampak bedug memperebutkan piala Bupati Cup /foto -istimewa /
 
BERITA SUBANG - Lomba Rampak Beduk Perebutkan Piala Bupati Cup dalam rangka HUT Ke 75 Kabupaten Subang, bertempat di Halaman Radio Benteng Pancasila ( Benpas) Subang, Kamis 25 Mei 2023.
 
Bupati Subang H.Ruhimat menghadiri sekaligus membuka Lomba Rampak Bedug tersebut, yang diikuti 45 grup yang berusia 17 tahun ke atas (dewasa) dan diikuti perwakilan tiap kecamatan, dan masyarakat umum.
 
Kepala Bagian  Kesejahteraan Rakyat Setda Subang Iwan Rianto ketua panitia melaporkan,lomba ini diadakan atas inisiasi Kang Jimat yang terinspirasi dari Lomba Rampak Bedug yang pernah diadakan di Kecamatan Purwadadi. 
 
"Tapi kegiatan itu non budgeter, atau tidak menggunakan PAD, adapun dana nya berasal dari gotong royong pihak sponsor."ucap Iwan.
 
Lanjut ia menyebut, Kegiatan lomba ini bertujuan untuk meneruskan warisan kebudayaan, serta memberi variasi kegiatan keagamaan yang menarik bagi generasi muda agar gemar ke masjid.
 
Sementara itu Kang Jimat sapaan Bupati H.Ruhimat menuturkan, Rampak Bedug telah pentaskan sejak ribuan tahun lalu. Tradisi ini merupakan strategi dakwah  dari wali songo, khususnya Sunan Kalijaga untuk mempercepat penerimaan masyarakat terhadap agama islam.
 
“Saat itu saya menyaksikan langsung lomba bedug di Kecamatan Purwadadi, dan menilai hal ini sangat positif, terlebih dengan kemajuan teknologi, ada dampak negatif di samping dampak positifnya."ujar Kang Jimat.
 
"Mudah-mudahan ini menjadi langkah yang lebih baik untuk mengimbangi dunia yang semakin canggih. Semoga dengan kegiatan rampak bedug yang ada di masjid, saat datang waktu sholat, mereka juga beribadah.” Harap Kang Jimat.
 
Selanjutnya H.Ruhimat berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menguatkan kebersamaan dan gotong royong serta mempererat tali persaudaraan dalam mewujudkan Subang Jawara (Jaya, Istimewa, Sejahtera).
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Subang yang telah memberikan dukungan terhadap pencapaian program Jawara serta raihan-raihan prestasi yang dicapai oleh Kabupaten Subang."ungkap Kang Jimat.
 
“Saya memohon maaf apabila masih banyak pr yang belum terselesaikan. Insyaa Allah saya akan berusaha agar seluruh program-program yang belum tercapai bisa diselesaikan dengan baik. Mohon doanya agar kami bisa mewujudkan cita-cita kita bersama” Tutup Kang Jimat.
 
Usai memberi sambutan, Kang Jimat meresmikan pembukaan lomba Rampak Bedug dengan pemukukan bedug didampingi Dandim 0605 Subang, Wakapolres Subang, dan Kasi Bintal Lanud Suryadarma.***

Editor: Tommy MI Pardede


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x