Usung Tema 'Harapan Baru Kabupaten Subang', Dinas Arsip dan Perpustakaan Sukses Gelar Lomba Karya Tulis

- 25 Mei 2023, 21:02 WIB
Pemenang lomba karya tulis yang diadakan oleh Disarpus Subang
Pemenang lomba karya tulis yang diadakan oleh Disarpus Subang /Dok. Disarpus Subang/

BERITA SUBANG - Untuk pertama kali, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Subang menggelar Lomba Karya Tulis untuk Tingkat Mahasiswa, yang diadakan untuk meramaikan acara Semarak 75 Tahun Kabupaten Subang.

Acara yang digelar oleh Disarpus Subang tersebut diikuti 35 peserta yang terdiri dari mahasiswa yang tinggal di Kabupaten Subang dan mahasiswa Subang yang kuliah di Luar Kabupaten Subang.

Mengusung tema 'Harapan Baru Kabupaten Subang' ke depan, puluhan peserta menulis masalah yang terjadi di Kabupaten Subang berikut solusinya.

"Selain untuk meningkatkan literasi di kalangan mahasiswa, lomba ini mewadahi ide dan gagasan Mahasiswa untuk Kabupaten Subang kedepan. Alhamdulillah, untuk pertama kalinya ini bisa berjalan dengan lancar," kata Kabid Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan Dinas Arsup Subang, Tian Sri Suryanti.

Dalam Lomba Karya Tulis ini, menghadirkan tiga dewan juri yakni Dede Ahmad (Akademisi), Eti Maryati (BP4D Subang) dan Annas Nashrulah (Jurnalis TINTAHIAJU.COM).

"Jadi dari 35 peserta, pada tahap penjurian naskah difilter menjadi 10 orang, dan 10 orang ini kemudian presentase dan diambil juara 1, 2 dan 3," kata Tian.

Dari hasil penilaian Dewan Juri, memutuskan Tita Nuralifiyah Herman, yang mengangkat judul Beginilah Wajah Kota Subang di Masa Depan yang menjadi Harapan Kaum Urban

Mahasiswa Universitas Subang itu menawarkan sejumlah konsep tata kota yang difokuskan di Jl. Kertawigenda Subang atau depan SMPN 4 Subang. Hal mendasar dari karya itu, Tita bermimpi hadirnya trotoar yang ramah terhadap pejalan kaki lengkap dengan taman dan pedagang.

Sementara untuk Juara 2 ditempati Muhammad Gunawan Mahasiswa Politeknik STIA LAN Bandung dengan judul Pengembangan Kabupaten Subang sebagai Kota Pakubumi (Pariwisata, Kuliner, dan Budaya Manajemen Inovasi).

Sedangkan Juara 3 diraih oleh Rofca Soca Btarie. Mahaiswi ITB ini mengusung judul Mewujudkan Kabupaten Subang sebagai Lumbung Pangan yang Menerapkan Sistem Pertanian Berkelanjutan melalui Volarisasi Limbah Jerami Padi dengan Vermicmposting oleh Eidrulus Eugenieae

Sekban BP4D Subang Iwan Syahrul Anwar mengatakan, karya tulis yang dibuat para mahasiswa ini menjadi jalan lain menyerap aspirasi mahasiswa terkait masa depan Kabupaten Subang.

"Hasilnya bagus-bagus, karya tulis mereka ini nantinya kita sampaikan ke Kepala OPD dan insya Allah beberapa diantaranya akan kita perjuangkan untuk kita realisasikan," kata Iwan.

***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x