Karena Tak Mampu Melunasi ONH, 43 Orang Jemaah Calon Haji Asal Kabupaten Subang Gagal Berangkat Ke Tanah Suci

- 24 Mei 2023, 19:53 WIB
Ilustrasi Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Subang sedang melunasi Ongkos Naik Haji (ONH) tahun 1444 H./2023
Ilustrasi Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Subang sedang melunasi Ongkos Naik Haji (ONH) tahun 1444 H./2023 /

BERITA SUBANG – 43 Orang Jemaah Calon Haji Asal Kabupaten Subang, Gagal Berangkat ke Tanah Suci , Karena Tak Mampu Melunasi ongkos Naik Haji (ONH) musim haji th 1444 H/2023 M.K

Kepala Seksi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Subang, H Rojak, menyampaikan sebanyak 43 orang calon jemaah haji gagal berangkat itu gara gara tak mampu melunasi pembayaran ongkos haji yang mengalami kenaikan.

“43 orang calon jamaah haji gagal berangkat, dikarenakan hingga batas waktu pelunasan,

"ke 43 orang calon jamaah haji tersebut tak mampu melunasinya!pembayaran biaya haji yang naik menjadi Rp 90.050.637,- Sekalipun masa pelunasan sudah diperpanjang sebanyak 2 kali, mereka tetap tak bisa melunasi biaya hajinya,” ujar H Rojak, Rabu 24 Mei 2023.

Selain itu, ungkap H.Rojak, ke 43 calon jemaah haji tersebut saat ini sedang mengalami kesulitan keuangan, ada yang gagal panen, ada yang usahanya bangkrut, ada juga pasutri calon jamaah haji hanya mampu melunasi 1 orang.

H.Rojak juga, mengumpamakan,misalnya hanya mampu melunasi istrinya saja dan suaminya tak bisa melunasi, sehingga mereka menunda keberangkatan ke tanah suci tahun depan,” jelasnya.

“Kami dari Kementerian Agama Subang, tentunya sangat menyayangkan ada 43 calon jamaah haji yang gagal berangkat ke tanah suci di musim haji tahun ini, akibat kesulitan keuangan sehingga tak mampu melunasi biaya haji sebesar Rp.90.050.637,” paparnya.

Bagi jemaah calon haji yang yang gagal berangkat karena belum bisa melunasi biaya, terpaksa harus diganti oleh kuota calon jemaah haji lainnya di Jawa barat,” ucapnyal.

Pada tahun 2023 ini lanjutnya akan Kemenag Kabupaten Subang, akan memberangkatkan 1.170 calon Jamaah Haji ke Tanah Suci. Pemberangkatan kloter pertama Subang akan diberangkatkan pada Jumat (2/6/2023) melalui Bandara Kertajati Majalengka.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x