Masih Jadi Sorotan Nasional: Kasus Ibu Hamil Ditolak RSUD Subang Lalu Meninggal Dibawa ke Raker Komisi IX DPR

- 21 Maret 2023, 02:01 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers usai mengikuti Ratas mengenai Evaluasi PPKM, Senin, 14 Maret 2022, melalui video konferensi.
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers usai mengikuti Ratas mengenai Evaluasi PPKM, Senin, 14 Maret 2022, melalui video konferensi. /Agung/Humas Setkab

BERITA SUBANG - Kasus ibu hamil bernama Kurnaesih (39), yang ditolak oleh RSUD Ciereng, Subang, hingga akhirnya meninggal dunia masih menjadi sorotan nasional dan terakhir hal ini dibawa dalam rapat kerja antara Kementrian Kesehatan dan Komisi IX DPR RI.

Dalam acara raker di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 20 Maret 2023, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kementrian di bawah pimpinannya sudah memeriksa dan mengaudit RSUD Ciereng, Subang.

Kasus ini menjadi sorotan nasional karena pihak rumah sakit yang dibiayai negara menolak ibu hamil, Kurnaesih (39), hingga berujung meninggal dunia.

Kemenkes, kata Budi, akan segera mengirimkan surat teguran terkait perilaku ketidakprofesionalan RSUD Ciereng Subang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"RS Subang sudah kita audit, sudah kita periksa, sudah dengan asosiasi rumah sakit juga sudah dengan ahlinya juga. Dan harusnya sebentar lagi dikeluarkan surat teguran resmi ke mereka," ujar Budi Gunadi Sadikin dalam Raker bersama Komisi IX DPR, Senin.

Ia meminta agar kejadian seperti di RSUD Subang tidak terjadi lagi.

"Bukan maksudnya galak, tetapi orang Indonesia kalau didisiplinkan begitu, kalau terlalu banyak excuse juga enggak bagus, tetapi kalau didisiplinkan orang Indonesia juga bisa," tegasnya.

Menkes menambahkan, jika menyangkut nyawa manusia, disiplin sangat perlu agar memastikan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada yang membutuhkan.

Banyak kecaman terhadap RSUD Ciereng, Subang yang menolak menangani Kurnaesih dan anaknya dalam kandungan.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah