Ketika Kapolres Subang Peringatkan ASN Agar Netral Jelang Tahun Pemilu 2024, Apa Saja Kerawanan Pemilu?

- 1 Februari 2023, 04:26 WIB
AKBP Sumarni
AKBP Sumarni /Ist/

BERITA SUBANG - Kapolres Subang AKBP Sumarni memperingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap netral di masa-masa menjelang Pemilu 2024.

Hal ini ditegaskan Kapolres ketika ia mengingatkan terkait potensi konflik di tahun Pemilu 2024 mendatang pada acara Rapat Koordinasi Daerah Forkopimda bersama pejabat Forkopimda dan pejabat daerah hingga tingkat Desa 2023 di GOR Gotong Royong Subang, Selasa 31 Januari 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres memaparkan strategi menjaga stabilitas Kamtibmas menjelang pemilu di Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang berpedoman pada UU Polri.

Baca Juga: Bupati Subang Bicara Soal Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi usai Covid Mereda, Kok di Situs BPS Tidak Ada Data?

Menurut Sumarni, Beberapa upaya yang sudah dan sedang dilakukan dalam menjaga ketertiban dan kondusivitas daerah adalah melakukan merespon isu Kamtibmas seperti penurunan bendera parpol, pencegahan radikalisme dan edukasi toleransi beragama, penanganan isu penculikan anak, penanganan aksi begal, hingga penanganan dan penindakan penyalahgunaan narkoba.

Dalam konteks pemilu, Kapolres mengatakan pihaknya telah melakukan identifikasi permasalahan menjelang pemilu yang meliputi penyelenggaraan pemilu, respons masyarakat dan peserta pemilu dan kesiapan pemerintah daerah.

Selain itu, ada kerawanan di tahapan-tahapan pemilu seperti pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pengaliran.

Polres, katanya, juga sudah melakukan identifikasi potensi konflik pemilu 2024 yang meliputi potensi konflik antar peserta dan konflik antar peserta dan penyelenggara.

"Dalam pemilu dengan tegas bahwa kami bersifatnya netral; menghimbau juga kepada ASN untuk memposisikan netral pula," kata Kapolres.

AKBP Sumarni mengatakan ia mengajak seluruh elemen untuk mereaktivasi satkamling untuk mengantisipasi kejahatan konvensional, serta menyampaikan agar para ASN untuk selalu menjaga netralitas, mematuhi pedoman aturan disiplin.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x