Antisipasi Pernikahan Dini Seperti yang Terjadi di Ponorogo, Kemenag Subang Audiensi ke Pengadilan Agama

- 26 Januari 2023, 05:30 WIB
Ilustrasi Pernikahan Dini.
Ilustrasi Pernikahan Dini. /Pexels

BERITA SUBANG - Dalam rangka mengantisipasi pernikahan dini yang terjadi di Kabupaten Subang, Kementerian Agama Kabupaten Subang melakukan audiensi ke Pengadilan Agama Subang, Selasa 17 Januari 2023.

Audiensi dilakukan langsung oleh Kepala Kankemenag Subang H. Ali Mashuri, didampingi Kasubbag TU Kankemenag Subang Drs. H. Hasanudin, dan Kasi Bimas Islam Kankemenag Subang H. Eddy Mulyadi Wijaya.

Hal ini dilakukan setelah mendengar fenomena ratusan remaja SMP dan SMA yang meminta dispensasi untuk menikah di usia dini yang terjadi di Ponorogo Jawa Timur.

Baca Juga: Demi Mencegah Stunting di Indonesia, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Siap Lahir Batin sebelum Menikah

Dalam pertemuan ini, Kepala Kankemenag Subang langsung menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke Pengadilan Agama, yakni terkait antisipasi pernikahan dan perceraian dini.

"Melalui audiensi ini, kami bermaksud memperkuat Kembali sinergi antara Pengadilan Agama dan Kemenag erat kaitannya dengan pernikahan, salah satunya terkait perizinan pernikahan dibawah umur karena berbagai alasan yang menjadikannya sebagai pernikahan dini," kata Ali, seperti dilansir dari situs resmi Kemenag Subang (subang.kemenag.go.id).

Lebih lanjut, Ali mengatakan bahwa pernikahan dini dapat menimbulkan problematika kedepannya, di antaranya masalah kesehatan ibu dan anak, juga terkait Pendidikan sang anak di masa depannya.

Ketua Pengadilan Agama Subang, Hj. N. Siti Suwaebah, menyambut kehadiran Kankemenag Subang. “Atas nama Pengadilan Agama Subang, kami menyambut baik dan berterima kasih atas silaturahmi dari Bapak ke sini untuk sama-sama memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat.” sambutnya.

Ia menyatakan pula bahwa Pengadilan Agama Subang kemenag sampang siap mendukung penuh pencegahan pernikahan dan perceraian dini.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x