Direktur Bio Farma Soleh Ayubi Jamin Keamanan Data untuk Aplikasi Digital yang Tengah Dikembangkan BUMN Ini

- 24 Januari 2023, 04:01 WIB
Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma, Soleh Ayubi dalam acara temu media di Subang, Jawa Barat, Sabtu, 21 Januari 2023
Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma, Soleh Ayubi dalam acara temu media di Subang, Jawa Barat, Sabtu, 21 Januari 2023 /ANTARA/Adimas Raditya/am./

BERITA SUBANG - Perusahaan farmasi milik negara PT Bio Farma (Persero) mengklaim keamanan data pengguna layanan aplikasi digital yang tengah dikembangkan oleh BUMN tersebut dalam rangka memperkuat ketahanan kesehatan nasional.

"Bisa dikatakan sistem keamanan Bio Farma salah satu yang terkuat sekarang ini," kata Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma Soleh Ayubi di Subang, Jawa Barat, Sabtu, 21 Januari 2023, seperti dilansir ANTARA.

Terkait pengamanan data layanan medis masyarakat yang dikelola oleh Bio Farma, Ayubi mengatakan pihaknya menjalin kerja sama dan koordinasi yang erat dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Selain itu, Bio Farma turut menggandeng perusahaan global seperti Google Cloud, Fitbit dan Connectedlife pada inisiatif kesehatan digital yang terbaru.

Bio Farma juga mengimplementasikan aturan dalam UU Perlindungan Data Pribadi guna mencegah kebocoran data konsumen.

Ayubi menegaskan bahwa infrastruktur dan standar keamanan yang digunakan oleh Bio Farma, baik dari sisi produksi produk-produk farmasi dan layanan digital telah sesuai dengan standar yang diakui secara global.

"Kita punya tim defense dan offense, keamanan siber kita tes terus berulang-ulang dan tidak ada kebocoran," ujarnya.

Saat ini Bio Farma tengah gencar mengembangkan layanan di bidang kesehatan secara end-to-end, mulai dari penelitian dan pengembangan farmasi, manufaktur, dan distribusi, hingga operasi apotek ritel, klinik, dan laboratorium klinis melalui sistem digital yang disebut Healthcare Ecosystem.

Bio Farma dikatakan Ayubi tengah memproyeksikan lokapasar berbasis web bernama Medicine Distribution Business Zone (Medbiz) akan menjadi platform bisnis distribusi produk obat-obatan dan alat kesehatan di masa depan.

"Potensi layanan kesehatan ini sangat besar, baik di Indonesia maupun mancanegara. Kita akan manfaatkan momentum ini untuk bertransformasi secara besar-besaran melalui teknologi digital," katanya.

***

Editor: Tommy MI Pardede

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x