Cianjur Diguncang Gempa Bumi, Ini Penjelasan BMKG

- 6 Juni 2021, 08:04 WIB
Warga kota Cianjur dikagetkan dan dibuat panik akibat guncangan gempa yang cukup keras. Penguni RSUD cianjur juga ikut panik dan berhamburan
Warga kota Cianjur dikagetkan dan dibuat panik akibat guncangan gempa yang cukup keras. Penguni RSUD cianjur juga ikut panik dan berhamburan /

BERITA SUBANG =Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3 mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat sekitar pukul 21.52 WIB, Sabtu 5 Juni 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat titik gempa berada di darat 3 km Tenggara Kabupaten Cianjur. Kedalaman gempa sebesar 10 KM.

Menurut analisis BMKG, episenter gempa tektonik ini terletak pada koordinat 6.84 LS dan 107.16 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga: Perahu KM Barokah Jaya Terbalik di Perairan Subang, 1 Orang Hilang

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," tulis keterangan resmi BMKG pada Sabtu, 5 Juni 2021.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cianjur dengan Skala Intensitas II - III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x