Budi Karya dan Muhadjir Efendy Pantau Penerapan Rapid Antigen Ke Pemudik pada Arus Balik ke Jabodetabek

- 16 Mei 2021, 21:51 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau penerapan pengecekan rapid antigen di Posko UPPKB Balonggandu, Karawang, Jawa Barat, pada Minggu, 16 Mei 2021.
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau penerapan pengecekan rapid antigen di Posko UPPKB Balonggandu, Karawang, Jawa Barat, pada Minggu, 16 Mei 2021. /Doc. Humas Kemenhub/

BERITA SUBANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau penerapan pengecekan rapid antigen secara acak bagi pengendara motor yang menuju Jabodetabek ditengah berakhirnya larangan mudik 2021 di Posko UPPKB Balonggandu, Karawang, Jawa Barat (Jabar), pada Minggu, 16 Mei 2021.

Dikatakan Budi, pemerintah melakukan pengecekan rapid antigen untuk mengantisipsi pergerakan masyarakat yang akan menuju Jabodetabek selepas libur Lebaran 2021, secara acak guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Saya mengapresiasi para pengguna jalan yang telah bersedia untuk memeriksakan diri memastikan status kesehatannya di posko ini," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Subang, Jabar, Minggu, 16 Mei 2021.

Baca Juga: Sepanjang Larangan Mudik 2021 Sebanyak 24 Pemudik Terkonfirmasi Positif Covid-19

Budi Karya dan Menko PMK Mujadjir juga melakukan pantauan arus lalu lintas jalur Cikopo-Palimanan melalui Helikpoter pada H plus 2 masa Lebaran 2021, dan diprediksi terjadi lonjakan pergerakan arus lalu lintas. Menhub mengungkapkan, belum ada pergerakan yang berarti di jalur tersebut.

"Secara umum kami memperkirakan masyarakat masih menunda kepulangan dari kampung halaman. Secara kuantitatif, jumlah pergerakan pada arus balik hari ini masih di bawah 60 persen dari yang diperkirakan," ujarnya.

Budi Karya telah perintahkan Dirjen Perhubungan Darat untuk berkoordinasi intensif dengan Korlantas Polri dalam melakukan pengawasan arus lalu lintas di jalan raya, karena diperkirakan masih banyak masyarakat yang belum kembali.

Baca Juga: Situasi Tempat Wisata Sari Ater dan Tangkuban Perahu Terkendali Meski Sempat Terjadi Lonjakan

Karenanya dia mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, agar melakukan tes kesehatan secara mandiri, agar tidak perlu lagi mengikuti tes acak ini dan untuk menghindari penumpukan di posko pengecekan kesehatan.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x