Bansos Tahap III Provinsi Jabar Tuntas Disalurkan untuk 1.900.688 KRTS

- 24 November 2020, 09:55 WIB
Penyaluran Bansos di  Provinsi Jawa Barat
Penyaluran Bansos di Provinsi Jawa Barat /Humas Pemprov Jabar

BERITA SUBANG - Pendistribusian bantuan sosial (bansos) tahap III Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah disalurkan untuk 1.900.688 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) penerima bansos atau warga terdampak pandemi COVID -19.

"Jadi berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan bersama PT Pos Indonesia dan PT Agro Jabar persentase berhasil serah mencapai 100 persen. Dari 1.900.688 Keluarga Rumah Tangga Sasaran atau KRTS penerima bansos dan hanya 5.553 paket yang gagal serah," kata Koordinator Sub Divisi Logistik Bansos Pemrov Jabar Sri Endang, di Bandung, Senin 23 November 2020.

Sri mengatakan proses rekapitulasi digelar dengan penerapan protokol kesehatan. Seluruh peserta di rapid test, dan menerapkan 3 M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Sri Endang mengatakan 100 persen serah dan kecilnya gagal serah menunjukkan pendataan bansos yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar baik dan akurat.

“Ada daerah yang nihil gagal serah yakni Kabupaten Bogor dan Kota Cimahi, yang paling besar gagal serah ada di Kota Depok,” kata dia seperti dilansir Antara.

Sama seperti penyaluran bansos tahap I dan II, Pemda Provinsi Jabar berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti Ombudsman, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Saber Pungli supaya tidak ada penerima bansos ganda.

Baca Juga: Kota Bandung Kembali Zona Merah

Pendistribusian bansos provinsi tahap III juga disertai pelaporan ketat sesuai dengan data. Petugas harus menyerahkan paket secara langsung ke penerima, sesuai dengan kartu identitas. Jika data nama dan alamat tidak sesuai, maka paket bansos provinsi dikembalikan untuk diverifikasi ulang.

Sri memastikan penyaluran bansos tahap III terbilang dinamikanya lebih kondusif dan baik termasuk dari penyaluran maupun produksi. "Komplain dari masyarakat nol persen, " kata dia.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x