Ribuan Guru Ikuti Seleksi Kepala SMA/SMK di Jawa Barat

- 23 November 2020, 13:55 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi /HO-Humas Pemprov Jabar/Antara Foto

BERITA SUBANG - Sebanyak 1.099 peserta sebagian besar diantara guru akan mengikuti seleksi bakal calon kepala SMA/SMK negeri di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2021.

“Para bakal calon kepala sekolah yang telah melengkapi syarat administrasi tersebut, dilakukan penilaian selama tiga hari pada 18-20 November 2020,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Dedi Supandi di Bandung Senin 23 November 2020.

Menurut Dedi, dalam satu hari, proses penilaian dilakukan kepada sekitar 350 guru secara virtual oleh pengawas dari akademisi. Asesmen ini mencangkup penilaian komprehensif dan dinilai itu dia kompetensi, perilaku dan cara pemecahan masalah," ujar dia seperti dilansir ANTARA.

Baca Juga: Ketika Gerakan Sapapait Samamanis Hadir di Kampung Waladin, Purwadadi, Apa Dampaknya Untuk Warga?

Dia menuturkan hasil dari penilaian tersebut,jumlah bakal calon kepala sekolah akan mengerucut menjadi 560 orang. Para guru yang lolos pada tahap penilaian  diwajibkan harus melengkapi persyaratan lainnya, yakni surat rekomendasi dari kepala sekolah untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

"Jadi itu nanti akan terseleksi lagi menjadi 280 orang, lalu 280 orang ini akan kita kirim ke Solo, Jawa Tengah di LPPKS atau Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah untuk mengikuti tes substansi. Itu akan dilakukan pada awal 2021," kata dia.

Dia menjelaskan jumlah bakal calon kepala sekolah pun belum dipastikan akan tetap atau setelah dilakukan tes substansi di LPPKS pasalnya tes tersebut akan menjadi tahapan akhir bagi para guru untuk menjadi calon kepala sekolah pada 2021.

Baca Juga: Presiden : Protokol Kesehatan Wajib pada Seluruh Proses Pilkada

"Hasilnya tes itu dari 280 apakah lulus semua atau berapa persen, nah itu nanti yang akan kita diklatkan selama tiga bulan, masuk diklat bakal calon kepala sekolah. Setelah lulus diklat nanti namanya calon kepala sekolah, dan inilah nanti LP2KS akan mengeluarkan nomor urut kepala sekolah (NUKS)," katanya.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x